Apa itu sistem pakar?

pengertian expert system


Sistem pakar (atau expert system, biasa disingkat ES) merupakan program diciptakan untuk memperbaharui ilmu pakar terhadap teknologi. Suatu sistem pakar dapat mampu mencari jalan keluar dari sebuah persoalan yang dilakukan oleh pakar. Sistem pakar ini bukan dipakai jabatan pakar namun memopulerkan ilmu dan profesionalisme. Sistem pakar inilah untuk menyubtitusi ilmu-ilmu dari pakar yang disebut heuristic. Kata heuristic berasal dari Yunani yaitu eureka artinya “temuan”. Maka dari itu, heuristic adalah aturan praktis, artinya sebuah hukum dengan baik presumsinya. Sistem pakar memiliki beberapa kecerdasan, yaitu:
  1. Sistem pakar menunjukkan peluang dalam memberikan hasil melampaui batas kinerja atasan. Dalam hal ini, sistem pakar memberikan beberapa peluang untuk para karyawan nya dalam bekerja lebih baik lagi bahkan lebih baik daripada atasannya.
  2. Sistem pakar memberi tahu aturan-aturan dalam penjelasannya untuk memperoleh jalan keluar dari persoalan-persoalan yang ada. Terkadang, dalam memperoleh jalan keluar dari bermacam-macam persoalan lebih penting dalam proses jalan keluar persoalan tersebut.


Kontributor:
Kinanti Putty Windhamia


Penjelasan sistem pakar

Terdapat enam komponen sistem pakar yakni:
  1. User interface (antarmuka) prosedur berinteraksi antara pengguna dan Sistem Pakar.
  2. Facility explanation (fasilitas pemberitahuan): dipakai bertujuan mencari suatu kegiatan dan menjelaskan mengenai kerja sistem pakar dengan timbal-balik.
  3. Working memory (memori kerja) suatu keseluruhan informasi dari kebenarannya untuk dipakai terhadap kebijakan-kebijakan yang ditetapkan.
  4. Agenda kumpulan pengutamaan kebijakan dari kesimpulan yang ada serta melekatkan pada kerja memori.
  5. Inference engine sebuah performa yang memiliki metode untuk memberikan penjelasan pada kumpulan fakta untuk menarik kesimpulan.
  6. Knowledge acquisition facility sebuah ilmu guna dimengerti, dirumuskan dan mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Terdapat empat elemen dalam proyek pengembangan direvisi, yaitu:
  1. Menjelaskan pembangunan dalam sistem pakar dengan memiliki program untuk seorang informan.
  2. Mengartikan sebuah jalan keluar dari sebuah persoalan serta menangkap inti dari persoalan utama tersebut.
  3. Menyampaikan kepedulian terhadap kemuliaan legal dari anjuran program.
  4. Mencerna semua kepedulian mengenai rencana dari pembangunan serta kemampuannya terhadap program yang dioperasikan.

Pencapaian sebuah sistem pakar disebabkan sejumlah argumen. Garis batas masalah yang harus ditangani, metode analisis yang bekerja dengan baik untuk area tersebut dikarenakan banyaknya kebijaksanaan dari para pakar kelas tinggi. Sistem pakar menggunakan pengetahuan manusia yang diimplementasikan kedalam suatu sistem di dalam komputer untuk mencari solusi dengan menggunakan kemampuan manusia. Ini bisa digunakan oleh non-pakar untuk memperbaiki kemampuan pemecahan masalah mereka. Sistem pakar bisa menjadi asisten para pakar. Hal tersebut digunakan untuk menyebarkan sumber pengetahuan pencarian untuk meningkatkan hasil yang konsisten. Sistem semacam itu bisa berfungsi lebih baik daripada pakar manapun, dalam membuat penilaian di bidang kepakaran khusus yang biasanya sempit, yang disebut 'Domain'. Kemungkinan ini mungkin memiliki dampak signifikan baik pada profesional penasehat (analis keuangan, pengacara, penasihat pajak), organisasi, dan manajemen.
  • MYCIN
MYCIN pertama kali dikembangkan oleh Edward Shortlife dari Stanford University. Namun, pada saat itu MYCIN adalah sebuah sistem pakar yang dapat membantu dan memudahkan dokter-dokter yang belum berpengalaman dalam menangani suatu penyakit tertentu.
  • FOLIO
Sistem yang membantu dari makelar saham serta tugas atasan ketika menyelesaikan atau bertanggung jawab pada investasi.
  • DELTA
Riset dan Pengembangan Perusahaan General Electric Company telah menerapkan teknologi sistem pakar untuk mengatasi masalah dan perbaikan lokomotif listrik diesel di bengkel kereta api yang beroperasi. Sistem pakar menggunakan aturan produksi dan mesin inferensi yang dapat mendiagnosis beberapa masalah dengan lokomotif dan dapat menyarankan prosedur perbaikan pada personil perawatan. Sebuah sistem prototipe telah diimplementasikan di FORTH, berjalan pada Digital Equipment PDP 11/23 di bawah RSX-11M. Sistem ini berisi sekitar 530 aturan (sekitar 330 aturan untuk Sistem Pemecahan Masalah, dan 200 aturan untuk Sistem Bantuan), yang secara parsial mewakili pengetahuan tentang Senior Field Service Engineer. Mesin inferensi menggunakan konfigurasi mode campuran, yang mampu berjalan baik dalam mode maju maupun mundur. Sistem bantuan dapat memberi operator bantuan dengan menampilkan informasi tekstual, diagram CAD atau urutan perbaikan dari disk video. Aturan ditulis dalam bahasa representasi yang terdiri dari sembilan fungsi predikat, delapan kata kerja, dan lima fungsi utilitas. Sistem pakar prototipe lapangan pertama, yang ditunjuk dikirim pada bulan Juli 1983 dan saat ini dalam evaluasi lapangan.

 

Sejarah perkembangan sistem pakar

Ketika tahun 1960, Komunitas AI mengembangkan ES. Sistem pakar awal diperbaharui oleh Newel Simon dengan GPPS. Pada tahun 1970, seringkali bidang kedokteran menggunakan Sistem Pakar. Seperti, MYCIN dikembangkan di Universitas Stanford dengan Edward Shortlife. Akan tetapi, pada masanya MYCIN tidak hanya merubah pekerjaan sebagai dokter, MYCIN monolong seorang dokter yang masih kurang dalam kecerdasannya dalam menangani penyakit tertentu. Saat ini penderita penyakit dapat mencatat apa derita yang dialaminya ketika pengaplikasian sistem pakar tersebut menerima suatu fakta mengenai penyakit yang dideritanya atau bahkan obat serta dosis dari obat tersebut.

MYCIN adalah sebuah sistem pakar yang dapat membantu dan memudahkan dokter-dokter yang belum berpengalaman dalam menangani suatu penyakit tertentu. Selain digunakan dalam bidang kedokteran, sejarahnya sistem pakar digunakan juga dalam bidang lainnya. Pada akhir tahun 1970 XCON & XCEL ditindak lebih lanjut dari Digital Equipment Corporation dan Universitas Carnegie Mellon dibuat untuk menolong konfigurasi system computer yang besar. Dalam IPTEK, DRENDAL dibuat untuk merekognisi struktur molekul yang tidak diketahui. Pada tahun akhir 1970 Institusi Sheffield Researce mendesain PROSPECTOR yang mampu mengenali variasi dari mineral serta bebatuan geologi. Folio mampu menyelesaikan masalah investasi dalam keuangan.

Delta berguna pada Perusahaan General Electic karena mampu menolong para karyawannya pada bidang mesin lokomotif diesel yang berguna memeriksa mesin yang sudah tidak berguna serta menuntun program perbaikan serta awal 1980-an, ACE diciptakan oleh perusahaan AT&T Bell Lab guna mengenali tentang permasalahan sistem telepon kabel. Pada masa kini, menggunakan sistem pakar semakin dipermudah baik bidang rumah tangga maupun perkebunan. Namun, dalam hal ini sistem pakar belum tentu akan menjamin 100% keakuratannya karena sistem ini memakan banyak biaya.


 Cara kerja sistem pakar

Knowledge base

Pengetahuan dari manusia yang digunakan atau dipresentasikan yang dapat di proses oleh komputer.
Terdapat dua pengetahuan, yaitu:

Dasar aturan (rule base)
Pengetahuaan yang menggunakan pernyataan yang berupa if-then atau jika-maka dengan menggunakan metode ini, kita dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu. Metode ini dapat pula digunakan jika membutuhkan langkah langkah untuk menyelesaikan suatu permasalahan sehingga kita dapat menarik kesimpulan.

Knowledge framed
Sebuah pengetahuan yang digunakan dalam bentuk hierarki atau dalam bentuk frame.

Inference engine

Strategi yang dimiliki untuk pakar agar dapat mencari data.
Terdapat dua strategi, yaitu:

Forward chaining (ranut maju)
Strategi atau metode pencarian yang didahulukan dengan mengumpulkan informasi atau data atau fakta yang kemudian ditarik kesimpulan, sehingga kita dapat mencari solusi dari suatu permasalahan.

Backward chaining (ranut balik)
Sebuah strategi atau metode pencarian yang bersebrangan dengan ranut maju atau forward chaining strategi atau metode ini memulai dengan hipotesa. Sehingga, kita dapat mengetahui apakah informasi yang kita ambil sebagai hipotesa kita terbukti ataupun tidak.


Peran sistem pakar

Terdapat tiga peran sistem pakar, yaitu :

Pakar

Sistem ES yang sukses tergantung pada pengalaman dan penerapan pengetahuan yang dapat diberikan orang selama pengembangannya. Sistem besar umumnya membutuhkan banyak pakar.

Insinyur pengetahuan

Insinyur pengetahuan memiliki tugas ganda. Orang ini harus bisa mendapatkan pengetahuan dari pakar, secara bertahap mendapatkan pemahaman tentang bidang kepakaran. Intelijen, kebijaksanaan, empati, dan kemampuan dalam teknik akuisisi pengetahuan tertentu dibutuhkan oleh seorang insinyur pengetahuan. Teknik akuisisi pengetahuan meliputi melakukan wawancara dengan berbagai tingkat struktur, analisis protokol, pengamatan pakar di tempat kerja, dan analisis kasus.

Di sisi lain, insinyur pengetahuan juga harus memilih alat yang sesuai untuk proyek dan menggunakannya untuk mewakili pengetahuan dengan penerapan fasilitas akuisisi pengetahuan.

Pengguna

Sistem yang dikembangkan oleh pengguna akhir dengan kerangka sederhana, dibangun dengan agak cepat dengan harga murah. Sistem yang lebih besar dibangun dalam usaha pembangunan yang terorganisir. Strategi pengembangan iteratif berorientasi prototipe biasanya digunakan. ESs sangat cocok untuk prototipe


Manfaat sistem pakar

Terdapat beberapa manfaat dari sistem pakar secara langsung maupun tidak langsung, yaitu:
  • Sebuah perusahaan teknik mengurangi persyaratan staf dari lima insinyur menjadi setara 1,5 dengan menggunakan sistem pakar untuk menyesuaikan spesifikasi mesin.
  • Admnistrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat menggunakan Sistem Manajemen Lalu Lintas Smartflow untuk mengkoordinasikan lalu lintas udara dengan lebih baik.
  • Bursa Efek Amerika menggunakan sistem pakar untuk digunakan dalam memantau perdagangan orang dalam.
  • Rumah sakit menggunakan sistem pakar untuk menafsirkan data pasien melalui database pengetahuan obat yang besar untuk mengidentifikasi interaksi obat yang berbahaya dan masalah lainnya.
  • Di bidang manufaktur, sistem pakar juga umum dan sukses. Sistem pakar dapat melacak variabel produksi, tabulasi statistik, dan mengidentifikasi proses yang tidak sesuai dengan pola yang diharapkan, menandakan masalah potensial. Selain itu, sistem pakar terpadu dapat segera memberi tahu orang yang tepat untuk memperbaiki masalah dalam proses pembuatannya.

Namun, terdapat pula manfaat sistem pakar terhadap pengguna akhirnya, yaitu:
  • Sebuah kecepatan kerja profesional manusia atau semi-professional.
  • Di dalam perusahaan, penghematan biaya internal utama. Dalam sistem yang berukuran kecil, penghematan terkadang dalam puluhan atau ratusan juta rupiah. Namun, dalam sistem yang berukuran besar, seringkali dalam puluhan juta rupiah dan setinggi ratusan juta rupiah hingga miliaran. Penghematan biaya ini merupakan hasil peningkatan kualitas, hal ini sebuah motivasi utama untuk menggunakan teknologi sistem pakar.
  • Meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Dalam beberapa kasus, kualitas atau kebenaran keputusan dievaluasi setelah fakta menunjukkan mengalami peningkatan sepuluh kali lipat.
  • Melestarikan kemampuan langka. Sistem pakar digunakan untuk melestarikan pengetahuan yang langka dalam organisasi, untuk medapatkan kemampuan seorang yang sudah pensiun, dan untuk melestarikan pengetahuan perusahaan sehingga dapat didistribusikan secara luas ke pabrik, kantor, atau pabrik perusahaan lainnya.
  • Memperkenalkan produk baru. Contoh dari produk baru yaitu penasihat patologi yang dijual ke ahli patologi klinis di rumah sakit untuk membantu diagnosa jaringan yang berpenyakit.

Kelebihan jika kita menggunakan sistem pakar:
  1. Tidak perlu biaya ketika kita menggunakan sistem pakar.
  2. Tidak membuang waktu ketika mencari jalan keluar.
  3. Menambahkan kemampuan dalam program komputer.
  4. Mempertimbangkan lebih banyak alternatif.
  5. Untuk mengetahui pilihan-pilihan apa saja yang membuat atasan memikirkan kembali pilihan-pilihan yang ada.
  6. Menetapkan pemilihan yang stabil, tidak membuat atasan memiliki hal baik atau hal tidak baik. Setelah melakukan pemikiran dalam teknologi, atasan harus mengetahui jika terdapat cara pemecahan permasalahan yang akan dipertimbangkan . Seusai pemikiran sistem dalam teknologi, atasan mengetaui cara pemecahan permasalahan yang akan diambil.
  7. Aturan untuk sistem pakar lebih dapat dipahami daripada kode komputer biasa.
Namun Sistem Pakar juga memiliki kekurangan yaitu :
  1. Tidak gampang untuk dikaji ulang, karena sulitnya persiapan seorang pakar serta sangat sulit ditambahkan kemampuannya dari pakar ke dalam program karena sangat tidak gampang untuk para pakar memberitahu apa yang harus mereka lakukan selanjutnya ketika mencari jalan keluar dari persoalan tersebut.
  2. Tidak ada sistem pakar 100% akurat dikarenakan pakar yang menguji langsung berpendapat bahwa hal ini merupakan tidak selalu betul. Karenanya, para pakar harus melakukan uji ulang.
  3. Sistem pakar tidak mampu bertanggung jawab terhadap ilmu yang tidak benar. Hal ini adalah suatu kekurangan karena didunia perdagangan terdapat beberapa ilmu yang bertahan, ilmu tidak sering akan bertahan dikarenakan perubahan mental dari pakar serta sifat mereka.


Teknologi sistem pakar

  1. Beberapa ES
  2. Sistem pakar ini memberikan rekomendasi dalam domain tugas tertentu.
  3. Kerangka sistem pakar
  4. Kerangka system pakar ini kendaraan paling umum untuk pengembangan ES tertentu. Kerangka ini adalah sistem pakar tanpa basis pengetahuan. Sebuah kerangka melengkapi pengembang ES dengan mesin inferensi, antarmuka pengguna, dan fasilitas penjelasan dan akuisisi pengetahuan.
  5. Lingkungan pengembangan sistem pakar
  6. Sistem ini memperluas kemampuan kerang dalam berbagai arah. Mereka berjalan di tempat kerja teknik, mini-komputer, atau mainframe, menawarkan integrasi yang ketat dengan database besar, dan mendukung pembangunan sistem pakar yang besar.
  7. Bahasa pemrograman tingkat tinggi
  8. Beberapa lingkungan pengembangan ES telah ditulis ulang dari LISP ke dalam bahasa prosedural yang lebih umum yang ditemukan di lingkungan komersial, seperti C atau C ++. ES sekarang jarang dikembangkan dalam bahasa pemrograman.

Kesimpulan

Sistem pakar merupakan sistem yang digunakan untuk menuangkan pengetahuan manusia ke dalam sistem yang dijalankan. Sistem pakar digunakan untuk mengetahui adanya pengetahuan serta pengalaman pakar tersebut. Sistem tersebut memiliki kemampuan unik yaitu memberikan lowongan agar membentuk langkah tepat serta menjelaskan cara untuk memecahkan masalah. Sistem pakar ini digunakan karena dapat memberikan suatu kemampuan dari seorang pakar terhadap seorang yang bukan pakarnya. Agar sistem pakar dapat bekerja dengan baik terdapat dua cara, yaitu Knowledge Base dan Inference Engine. Cara pertama, yaitu pengetahuan yang digunakan dapat diproses oleh kompter. Sedangkan, cara kedua, merupakan strategi yang dimiliki oleh para pakar agar dapat mencari data. Selain itu, terdapat pula banyak keuntungan dan kekurangan dalam sistem pakar tersebut. Salah satu keuntungan dari sistem tersebut adalah lebih menghemat waktu dalam pengambilan keputusan. Namun, salah satu kekurangan dari sistem tersebut yaitu, sulit dikembangkan dan tidak seluruhnya akurat dalam pembuatan sistem.


Popular posts

Sistem informasi global dan penerapannya oleh perusahaan multinasional

Analisis sensitivitas

Tepat waktu (just in time)