Intelligent agent

Pengertian intelligent agent


Pada era yang modern sekarang ini manusia tidak dapat terpisahkan oleh adanya teknologi, kini sudah banyak penemuan – penemuan baru yang sangat membantu tugas manusia. para ahli menciptakan dan mengembangkan teknologi yang canggih. Dimana teknologi tersebut mampu mempercepat pengerjaan tugas manusia sehingga dapat membantu manusia pada saat mengerjakan tugasnya. Salah satu teknologi yang sangat sering kita gunakan adalah system intelligent agent.

Intelligent agent adalah sebuah system agen pintar yang dirancang untuk bekerja secara otomatis pada setiap aplikasinya, dengan sensornya yaitu menerima pesan dari lingkungan kemudian memberikan respon atau tindakan sesuai dengan apa yang sudah diprogram oleh pembuat guna mempermudah tugas manusia.



Kontributor:
Fahmi Fauzi


Definisi intelligent agent

Intelligent Agent adalah sebuah perangkat lunak yang bekerja tanpa perlu campur tangan langsung dari manusia, intelligent agent fungsinya adalah untuk melaksanakan suatu tugas dan mengambil langkah atau suatu tindakan tertentu bagi pengguna individu, proses bisnis, atau aplikasi perangkat lunak lainnya. Intelligent agent adalah teknologi yang digunakan untuk menavigasi langkah apa yang harus di ambil dalam suatu pengerjaan melalui sejumlah data yang diberikan oleh lingkungan untuk bertindak berdasarkan informasi yang sudah diseting oleh sipembuat.

Inteligent agent menggunakan sebuah system pengetahuan bawaan yang sering disebut (built-in) atau berbasis pengetahuan yang diperlukan oleh para pengguna untuk menyelesaikan tugas dan untuk membuat suatu keputusan atau tindakan, contohnya seperti intelligent agent yang mampu menghapus spam pada G-mail, dan memfilter adanya harga termurah pada situs belanja online, tiket pesawat, maupun tiket kereta api, kita hanya perlu sedikit menyetingnya dengan pengerjaannya yang sangat sederhana melalui jaringan internet. Dan saat ini ada banyak intelligent agent yang digunakan dibidang teknologi sistem operasi, juga yang sering kita gunakan sehari hari pada perangkat lunak handphone.

Salah satu contoh penggunaan system intelligent agent adalah dalam sebuah aplikasi pada SmadAV antivirus, system intelligent agent pada smadAV diperlukan untuk mempermudah penggunanya dengan cara agent menginformasikan bahwa terdeteksinya virus yang ada di komputer pengguna, dan juga memberikan saran secara otomatis untuk melakukan scan secara keseluruhan pada komputer pengguna.

Berikut adalah beberapa contoh lain tentang Intelligent Agent :
  1. Agent Autonomous
  2. Contohnya pengereman otomatis pada sebuah mobil
    • Kinerja yang didapat: membuat lebih aman, cepat, dan nyaman pada pengguna
    • Lingkungan guna pemberi pesan : Jalan, mobil lainnya
    • aktuator: pedal gas, setir, klakson dan rem
    • Sensor: Speedometer, kamera, odometer, GPS, sonar dan sensor pada mesin.
  3. Agen sistem diagnosis
    Contohnya pada bidang medis
    • Kinerja yang didapat: Pasien menjadi Sehat, mampu memberikan hasil diagnosa dan menginformasikan tuntutan hukum pada pengguna
    • Lingkungan pemberi pesan : Pasien
    • Aktuator: Layar, tes, diagnosis, pengobatan, rujukan
    • Sensor: Keyboard untuk mengisikan keluhan atau gejala pasien
  4. Agen: Part-picking
  5. Contohnya pada robot pengambil suatu benda
    • Kinerja yang didapat: Jumlah persentase komponen yang dipindahkan dengan benar
    • Lingkungan pemberi pesan: Conveyor, komponen-komponen robot, wilayah untuk penempatan benda&
    • Aktutor: lengan dan tangan robot
    • Sensor: Sensor pada sudut persendian robot dan kamera


Berikut adalah tipe – tipe dalam intelligent agent :


Simple reflex agents

Simple reflex agents adalah salah satu tipe Agent yang paling sederhana, karena tipe ini hanya bekerja jika terjadi sesuatu pada lingkungan dalam kondisi tertentu. Maka agent akan secara sederhana memberikan aksi tertentu pula.
Salah satu contohnya adalah agent pada sebuah mobil yang diberikan system intelligent agent dengan tindakan “jika mobil di depan melakukan pengereman” maka agent akan memberikan aksi “rem” secara otomatis.

Berikut adalah contoh cara kerja dari system intelligent agent pada mobil :

Cara kerja intelligent agent


Model based reflex agent

Simple reflex agent dapat melakukan tindakannya dengan baik jika lingkungan yang memberikan percept atau persepsi sesuai dan tidak berubah-ubah.

Contohnya seperti kasus agent pada pengereman mobil, agent tersebut hanya dapat menerima percept dari mobil dengan model terbaru saja. Jika ada mobil dengan model lama, agent tersebut tidak dapat menerima pesannya sehingga agent tersebut tidak melakukan tindakan pengereman.

Pada kasus ini, dibutuhkan tipe Based Reflex Agent yang Mampu melacak (pengereman mendadak pada mobil yang berada didepannya) sehingga mobil tersebut dapat menerima pesan dengan baik dan melakukan tindakan pengereman secara otomatis.

Agent reflex berbasis model ini fungsinya menambahkan suatu model didalam performa suatu agent yaitu dengan mengetahui tentang bagaimana performanya bekerja. Jadi, Tipe based reflex agent ini menjaga keadaan performanya menggunakan model internal kemudian memilih tindakan seperti simple reflex agent sehingga pengguna lebih mudah dalam melakukan pengecekan bila ada kesalahan didalam systemnya.


Goal-based agents

Segala pengetahuan agent akan performa dan keseluruhan keadaannya dengan menggunakan model based reflex agent pada lingkungan tidak selalu cukup. Suatu agent harus benar – benar sudah terinput informasi tentang apa kegunaan atau tujuannya dan keadaan yang ingin dicapai oleh agent tersebut.

Dengan demikian, agent akan bekerja dengan sempurna hingga mencapai goalsnya. Perencanaan pada sebuah system agent adalah pekerjaan yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan atau goals pada agent itu sendiri. Dan Goal based agent ini mampu memfasilitasi juga menambahkan informasi tentang goals yang harus dicapai demi memastikan kinerja pada sebuah system agent berjalan baik.

Utility-based gents

Dicapainya sebuah goals pada agentpun tidak cukup untuk menghasilkan agent dengan performa yang sempurna dan berkualitas. Sebagai contoh di system agent pada mobil tentang pengereman otomatis. Ada tahap tindakan yang harus dilakukan oleh agent tersebut untuk dapat mencapai tujuannya, dan utility based agents adalah satu tipe yang mampu membuat performa system agent bekerja jauh lebih cepat, lebih aman dan karena tipe agent yang lain tidak membedakan antara performa yang baik dengan performa yang tidak baik untuk agent itu sendiri, hal ini dapat diatasi oleh tipe Utility based agent, semua hal tersebut dapat diperhitungkan dan diatasi oleh utility factor (kuantitatif) yang dimiliki oleh Utility Based Agent.

Learning agents

Tipe agen ini juga berfungsi untuk meningkatkan performa pada sebuah system intelligent agent. Tipe ini memiliki critic yang berfungsi untuk mengevaluasi setiap tindakan dan performa yang dilakukan oleh system agent, learning agent ini juga dapat memberikan informasi dan secara otomatis mampu melakukan perbaikan pada tiap elemen agent yang berfungsi untuk menghindari adanya kesalahan dalam melakukan pemilihan tindakan yang diambil oleh system agent. Dan Learning agent sendiri memiliki system yang bernama problem generator yang fungsinya untuk menginformasikan langkah yang diperlukan jika sebuah system agent mengalami kerusakan. hal ini tentu akan lebih memudahkan pengguna untuk memastikan kinerja pada system agent.


Cara kerja intelligent agent

Sebelum menggunakan suatu system intelligent agent, system agent harus teruji dengan baik pada beberapa hal berikut :
  • Dipastikannya semua perkiraan juga suatu tindakan yang dapat diterima dan dilakukan oleh agent.
  • Apa tujuan atau cara mengetahui kemampuan yang terukur pada agent yang ingin dicapai.
  • Dan lingkungan yang seperti apa sajakah yang dapat diterima pesannya untuk kemudian dioperasikan oleh system agent.

Berikut beberapa point yang harus dipenuhi oleh Intellegent Agent :
  • Intelligent Agent harus Rasional. System intelligent agent tentu harus teruji dengan baik untuk melakukan hal yang tepat sesuai dengan yang ditentukan.
  • Intelligent Agent mampu menerima atau menangkap pesan yang dikirim oleh lingkungan sehingga agent mampu bertindak dan mengerti langkah apa yang diambil.
  • Tindakan yang dilakukan oleh agent dengan tepat mengartikan bahwa tugas agent telah sukses.
  • Pengukuran pada performa system intelligent agent caranya yaitu dengan melalui kriteria obyektif, guna mengukur keberhasilan suatu langkah yang akan diambil oleh agent
  • System agent yang sudah teruji rasional, harus bisa mengambil tindakan yang tepat sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna, dengan begitu artinya system agent sudah dapat memaksimalkan kinerjanya dengan sukses.
Berikut adalah contoh cara kerja dari sebuah intelligent agent pada sebuah penjualan online
Contoh cara kerja intelligent agent
  1. Contoh diatas adalah sebuah gambaran cara kerja pada agent yang digunakan dalam penjualan online, dimana system agent ini mampu menjadwalkan pengiriman barang dari supplier sampai ke distributor secara otomatis.
  2. Jika terjadi suatu masalah seperti supplier yang tidak bisa mengirim barangnya dengan tepat waktu, maka secara otomatis agent secara otomatis akan bernegosiasi dengan supplier lain guna menjadwalkan pengiriman dengan waktu lain
  3. System agent ini dapat mengumpulkan data penjualan secara otomatis pada setiap produk dari beberapa toko penjual. Maksudnya, agent secara langsung akan menyampaikan data kepada produsen tentang penjualan produk yang dicari konsumen guna melengkapi apa yang dibutuhkan oleh konsumen untuk pesanan, penjualan dan pemasarannya serta menganalisis tren yang ter update dari pembeli
  4. Keunggulan lain dari Intelligent Agent yang ada dalam toko online ini dapat menjadwalkan suatu pengiriman dari distributor ke toko retail dan system agent ini dapat mengutamakan pada toko retail yang persediaannya lebih rendah.
  5. Jika terjadi suatu masalah seperti pengiriman dari distributor ke toko retail yang tertunda akan suatu hal. Maka, secara otomatis system agent akan langsung mencari alternatif pengiriman lain.
Dengan demikian setelah dijelaskan beberapa keunggulan dan fungsi dari sebuah system intelligent agent, artinya dengan adanya teknologi system intelligent agent selain mempermudah pekerjaan, perusahaanpun dipastikan akan mendapatan keuntungan yang lebih besar atas hasil kerja dari sebuah agent.


Pengaplikasian dari intelligent agent

Intelligent Agent digunakan dalam system pada komputer untuk membantu dalam mengatasi masalah tugas manusia, agar lebih mudah dan cepat. Berikut adalah beberapa contoh pengaplikasian dari system Intelligent Agent :

Help desk of customer

Help Desk of Customer berfungsi untuk menjawab suatu panggilan dari pelanggan dan mampu membantu menyelesaikan segala permasalahan yang sedang dialami pelanggan tanpa perlu campur tangan langsung dari operator. Misalnya pada saat pelanggan melakukan telfon dan menanyakan tentang keluhannya, help desk customer akan secara otomatis melakukan pencarian solusinya secara manual dari manual hardcopy.

Bicara tentang manual hardcopy. Kini, manual hardcopy sudah jarang digunakan lagi oleh perusahaan, karena kini manual hardcopy telah diganti dengan sebuah file dalam CD-ROM yang tentu penggunaannya akan jauh lebih praktis, dan di perusahaan – perusahaan kini, mengatasi pencarian solusi keluhan para pelanggan, perusahaan sudah banyak yang melakukan pencarian solusinya secara langsung melalui Internet tentu tetap dengan system intelligent agent. dengan database solusi yang ada di dalam CD-ROM, atau di dalam Internet, cara kerja dari help desk of customer adalah menyajikan jawaban yang sesuai atau konsolidasi dengan jawaban yang diperlukan oleh pelanggan demi mengatasi masalahnya. Hal Ini adalah salah satu contoh dari pengaplikasian sebuah help desk of customer dengan menggunakan Intelligent Agent untuk menemukan dan memfilter sebuah informasi yang dibutuhkan untuk mencari solusi atas masalah pelanggan secara otomatis.

Web browser

Web browser, salah satu contoh system intelligent agent tentang web browser yang biasa kita gunakan adalah pada aplikasi Google. Web Browser pada Google fungsinya adalah sebuah system agent yang mampu melacak dan menyimpan apa yang Anda lakukan di pencarian Google secara otomatis. Contohnya seperti web browser yang memungkinkan Anda untuk mencari sebuah lagu dengan aliran yang biasa anda dengar dan bisa anda temukan di bookmark Anda sendiri. Hal ini tentu dapat mempermudah dan membantu Anda untuk menemukan sebuah informasi dari semua data yang anda butuhkan yang ada pada suatu halaman. Web browser juga dapat memberikan informasi secara otomatis bahwa Anda tidak dapat mendownload suatu data.

Assistant of shopping

Assistent of shoping pada toko online juga menggunakan teknologi intelligent agent untuk membantu memudahkan para pelanggan berbelanja diinternet atau untuk pemilik tokonya sekalipun, assistant of shopping fungsinya adalah untuk dapat menemukan barang dagangan yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan cepat. Dengan Assistant of shopping, barang dagangan yang dibutuhkan juga dapat difilter secara langsung melalui intelligent agent ini. Lalu pengguna bisa juga mengatur sebuah barang dagangan yang diinginkan atau disukai untuk dimunculkan pertama kali yang Anda lihat. Contoh aplikasi lain dari assistent of shopping yaitu system intelligent agent ini mampu mengingatkan anda pada history atau pengalaman berbelanja Anda pada waktu – waktu tertentu, dengan cara mampu mengingatkan anda untuk berbelanja saat akan adanya hari ulang tahun atau hari peringatan yang sudah anda atur pengaturannya.


Kenapa kita membutuhkan intelligent agent? Apa keuntungan dari intelligent agent? (WHY)

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa intelligent agent mampu menavigasi suatu bisnis melalui sejumlah informasi berupa data yang dikirim oleh lingkungan untuk mencari dan bertindak sesuai apa yang sudah ditetapkan. Intelligent Agent dapat membantu konsumen menemukan produk apa yang mereka butuhkan dan juga intelligent agent ini mampu membantu pengguna dalam membandingkan harga pada suatu produk dan fitur lainnya. Dan hal lain yang mampu intelligent agent lakukan untuk membantu pengguna adalah mampu menyimpan history dan menyesuaikan kebiasaan apa yang dilakukan oleh pengguna.

Contohnya adalah system OK Google, salah satu Intelligent Agent yang kinerjanya menggunakan suatu teknologi pengenalan suara untuk menjawab suatu pertanyaan, membuat rekomendasi jalan mana yang rutenya tidak padat, serta melakukan suatu tindakan seperti menyiapkan alarm. Agent pada software ini mampu menyesuaikan dengan preferensi atau kebiasaan yang sering dilakukan pengguna, contoh lain yaitu melakukan pencarian tugas seperti menemukan terminal terdekat, membeli tiket kereta, mencari petunjuk arah jalan, dan mengirimkan sebuah pesan kepada pengguna lain.

Agent OK Google dapat mengerti ucapan dari seorang penggunanya dengan baik. karena OK Google tidak memproses ucapan secara local langsung di perangkat penggunanya. melainkan mengirim perintah terlebih dahulu melalui server jarak jauh, dan tentu pengguna perlu terkoneksi dengan sinyal internet sim card atau Wi-Fi.

Keuntungan lain menggunakan teknologi Intelligent Agent adalah Ia mampu bekerja tanpa perlu terperintah langsung oleh manusia untuk melaksanakan tugas - tugasnya. Fungsi dari ingelligent agent ini pastinya akan mempermudah tugas – tugas yang diperlukan oleh pengguna , proses bisnis, atau aplikasi software.

Ada banyak aplikasi Intellegent Agent saat ini yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari, bahkan yang tidak kita sadari sekalipun dalam Software komputer maupun handphone dan alat jaringan lainnya. Misalnya, seperti suatu aplikasi yang kinerja didalamnya dapat secara otomatis menunjukkan kepada pengguna bagaimana cara menyelesaikan berbagai tugas contohnya seperti memformat dokumen atau membuat grafik, dan agent dapat menginformasikan kepada pengguna atau dapat mengantisipasi kapan pengguna memerlukan bantuan.

Dalam kehidupan sehari - hari lainnya yang sangat membantu kita yaitu adanya software bernama Siri, aplikasi pada sistem operasi iOS Apple untuk iPhone dan iPad, yaitu sebuah Intellegent Agent sebagai asisten pribadi yang cerdas dengan menggunakan teknologi pengenalan suara seperti Ok Google untuk menjawab pertanyaan, memberikan suatu rekomendasi, dan mengambil suatu tindakan. Software ini sama seperti system pada OK Google, namun aplikasi siri ini mampu menanyakan suatu pertanyaan seputar kebutuhan kepada pengguna jika pengguna membutuhkan lebih banyak informasi yang ingin didapat untuk menyelesaikan sebuah tugasnya.

Hal lain yaitu Intelligent agent ini telah dikembangkan dengan system baru yang mampu untuk memodelkan suatu perilaku tiap pengguna dan mampu mengklasifikasikan apa yang sering pengguna butuhkan, seperti pada system instagram dan youtube, yang bisa menyajikan tayangan dan judul yang biasa ditonton oleh pengguna. Hal ini tentu akan membuat pengguna merasa dilayani dengan apa yang pengguna inginkan setiap saat.

Selanjutnya yaitu perilaku agent yang diprogram mampu untuk meniru perilaku aktual, seperti "memesan barang atau menyetoknya jika barang sudah habis tidak tersedia lagi." agent ini dapat terstimulasi untuk memungkinkan suatu perusahaan melakukan analisis secara otomatis pada persediaan yang tersisa disuatu toko , dan langsung dengan biaya transportasi yang diperlukannya.


Kesimpulan

Intellegent agent adalah sebuah system dalam aplikasi yang memiliki kemampuan untuk bertindak tanpa perlu diperintah secara langsung oleh pengguna dalam suatu lingkungan, kemudian fungsi dari intelligent agent yaitu dapat melakukan suatu tindakan yang diharapkan sesuai dengan sasaran yang telah dirancang oleh pembuat guna membantu tugas manusia. Kemampuan yang dimiliki oleh intelligent agent sangatlah membantu mempermudah tugas dan kebutuhan pengguna. Karena systemnya yang dapat menyelesaikan tugas secara otomatis, dengan bantuan system intelligent agent tersebut, maka pekerjaan yang membutuhkan waktu lama, kini dapat diselesaikan dengan baik dan lebih cepat tentunya. Kemudian dengan adanya intelligent agent pada sebuah aplikasi, diharapkan aplikasi tersebut mampu bekerja secara rasional dan mampu menentukan langkah terbaik juga tepat sehingga mampu membantu tugas manusia.

Popular posts

Sistem informasi global dan penerapannya oleh perusahaan multinasional

Bullwhip effect

Analisis sensitivitas