Penganggaran modal untuk teknologi informasi

penganggaran modal untuk teknologi informasi
Penganggaran modal adalah salah satu dari beberapa teknik yang digunakan untuk mengukur nilai investasi pada modal jangka panjang proyek investasi. Penganggaran modal bergantung pada ukuran arus kas masuk dan keluar dari perusahaan. Arus kas keluar berasal dari pengeluaran atau biaya, arus kas masuk berasal dari pendapatan penjualan. Selisih arus kas masuk dan arus kas keluar yaitu untuk menghitung suatu investasi. Model penganggaran modal yang digunakan untuk mengevaluasi proyek Teknologi Informasi adalah: Metode waktu pengembalian, tingkat pengembalian investasi akuntansi, nilai sekarang bersih, dan tingkat pengembalian internal, dan masih banyak lagi.


Kontributor:
Rizki Faturokhmah H.


Apakah itu penganggaran modal?

Penganggaran Modal adalah suatu perencanaan investasi jangka panjang organisasi. Tujuan Penganggaran Modal yaitu meningkatkan nilai suatu perusahaan untuk pemegang saham. Biasanya Penganggaran Modal digunakan untuk mengevaluasi pengeluaran perusahaan, apakah hasilnya dalam kenyataan itu sesuai dengan target kita atau tidak. Penganggaran Modal juga bisa berfungsi sebagai perhitungan laba akuntansi dalam setahun.

penganggaran modal


Apa saja metode penganggaran modal? ini dia metodenya:

Tingkat pengembalian akuntansi

Pengertian
Tingkat pengembalian akuntansi, juga dikenal sebagai tingkat pengembalian rata-rata adalah rasio keuangan yang digunakan dalam penganggaran modal. Rasio tidak memperhitungkan konsep nilai waktu uang. Pengembalian dihasilkan dari laba bersih investasi yang diajukan. Tingkat pengembalian akuntansi adalah persentase pengembalian. Jika pengembalian akuntansi lebih besar atau sama dengan pengembalian, maka proyek dapat diterima, dan sebaliknya. Semakin tinggi pengembalian akuntansi, maka investasi semakin menarik. Keuntungan pembelian akuntansi yaitu mudah, dan dapat dimengerti. Kerugian pembelian akuntansi yaitu mengabaikan faktor waktu.

Rumus dasar tingkat pengembalian akuntansi = Pengembalian Rata-Rata Selama Periode Berjalan ÷ Investasi rata – rata

Dimana
Investasi rata-rata = Nilai buku pada awal tahun 1 + nilai buku pada akhir masa manfaat ÷ 2


Rata-rata pengembalian akuntansi

Pengertian
Rata-rata Pengembalian Akuntansi adalah rata-rata pendapatan proyek setelah pajak dan depresiasi, dibagi dengan nilai buku rata-rata investasi selama masa kerjanya, atau dengan kata lain yang lebih spesifiknya, rata-rata pendapatan bersih dibagi dengan nilai buku rata-rata. Ada tiga langkah untuk menghitung Rata-rata Pengembalian Akuntansi, yaitu :
  1. Pertama, tentukan penghasilan bersih setiap tahunnya.
  2. Kedua, tentukan investasi rata-rata, pertimbangkan penyusutan.
  3. Ketiga, tentukan rata-rata pengembalian akuntansi membagi rata-rata laba bersih dengan rata-rata investasi.
Setelah melakukan hal itu bandingkan dengan target tingkat potongan. Misalnya, jika rata-rata pengembalian akuntansi ditentukan 10%, dan diberi tingkat potongan 30%, maka proyek ini harus ditolak. Karena rata-rata pengembalian akuntansi lebih rendah dari tingkat potongan, sehingga proyek ini tidak menghasilkan laba bersih yang memadai. Keuntungannya adalah mudah dihitung daripada metode yang lainnya. Kerugiannya adalah tidak ada nilai waktu.


Waktu pengembalian

Pengertian
Penganggaran modal mengacu pada periode waktu yang dibutuhkan untuk menutup dana yang dikeluarkan dalam investasi. Dalam metode ini nilai waktu tidak diperhitungkan. Dalam waktu pengembalian mengatakan bahwa pengembalian lebih pendek lebih baik daripada pengembalian dalam waktu yang lama. Kelebihannya yaitu lebih mudah diterapkan dan mudah dipahami. Kekurangannya yaitu keterbatasan dan kualifikasi yang serius karena tidak memperhitungkan nilai waktu.

Untuk menghitung waktu pengembalian waktu pengembalian = Jumlah yang di investasikan / perkiraan Arus Kas Bersih Tahunan.

Waktu pengembalian = Jumlah yang di investasikan / perkiraan Arus Kas Bersih Tahunan.


Nilai sekarang bersih

Pengertian
Nilai sekarang bersih adalah pengukuran profitabilitas suatu usaha yang dihitung dengan mengurangkan nilai arus, arus kas keluar (termasuk biaya awal) dari nilai arus kas masuk selama periode waktu tertentu, atau bisa dikatakan bahwa nilai sekarang bersih yaitu jumlah semua arus kas masa depan yang didiskontokan. Arus kas masuk dan keluar dapat digambarkan sebagai arus kas manfaat dan biaya. Nilai arus kas dipengaruhi oleh nilai waktu uang. Nilai sekarang bersih ditentukan dengan menghitung biaya (arus kas negatif) dan manfaat (arus kas positif) untuk setiap satu tahun. Keuntungannya yaitu lebih sederhana, bisa untuk menentukan apakah menghasilkan laba bersih atau kerugian. Keuntungan diperoleh dari nilai sekarang bersih positif, dan sebaliknya kerugian diperoleh dari nilai sekarang bersih negatif. Setiap arus masuk atau keluar mengalir kembali ke nilai sekarang. Kemudian semua dijumlahkan.

Nilai sekarang bersih dapat dihitung dengan:
Rt ÷ (1 + bunga) waktu

Dimana:
Waktu : Waktu arus kas
Bunga : Tingkat diskonto, yaitu pengembalian yang bisa diperoleh per unit waktu pada investasi dengan risiko serupa
Rt : Arus kas bersih yaitu arus kas masuk - arus kas keluar, pada waktu t. Untuk tujuan pendidikan.
  • Jika nilai sekarang bersih > 0 itu berarti investasi itu menambah nilai bagi perusahaan lalu proyek bisa diterima.
  • Jika nilai sekarang bersih <0 berarti="" dari="" ditolak="" investasi="" itu="" li="" mengurangi="" mungkin="" nilai="" perusahaan="" proyeknya.="" yang="">
  • Jika nilai sekarang bersih = 0 investasi tidak mendapatkan atau kehilangan nilai bagi perusahaan.

Contoh:
Perusahaan harus memutuskan apakah memperkenalkan lini produk baru. Perusahaan memiliki biaya langsung sebesar 500.000 pada waktu = 0. Ingat, biaya adalah negatif untuk arus kas keluar, sehingga arus kas ini diwakili sebagai -500.000. Perusahaan mengasumsikan produk memberikan manfaat sebesar 50.000 untuk setiap 12 tahun yang dimulai pada waktu = 1.

Untuk mempermudah, asumsikan perusahaan tidak memiliki arus kas keluar setelah biaya awal 500.000. Hal ini juga membuat asumsi yang menyederhanakan bahwa uang bersih yang diterima atau dibayar disamakan menjadi satu transaksi yang terjadi pada hari terakhir setiap tahunnya. Pada akhir 12 tahun produk tidak lagi menyediakan arus kas dan dihentikan tanpa biaya tambahan. Asumsikan bahwa tingkat diskonto tahunan efektif adalah 50%.

Nilai sekarang (nilai pada waktu = 0) dapat dihitung untuk setiap tahun:

Nilai sekarang dari arus kas masuk adalah 68.136,91. Nilai sekarang total dari arus kas keluar hanya 500.000 pada waktu waktu = 0.
Jadi,
Nilai sekarang bersih = Nilai sekarang (Manfaat) – Nilai sekarang (Biaya)
= 68, 136, 91 - 500.000
= -468,863, 09

Perhatikan bahwa sebagai waktu meningkatkan nilai sekarang dari setiap arus kas pada t menurun.

Sebagai contoh, arus kas masuk terakhir memiliki nilai 50.000 di waktu = 12 tetapi memiliki nilai sekarang (pada t = 0). Kebalikan dari diskon adalah peracikan. Dengan mengambil contoh secara terbalik, adalah setara dengan investasi 3.186,31 pada waktu = 0 (nilai sekarang) dengan tingkat bunga 50% yang digabungkan selama 12 tahun, yang menghasilkan arus kas 50.000 pada waktu = 12 (nilai masa depan ).

Pentingnya nilai sekarang bersih menjadi jelas dalam hal ini. Meskipun arus kas masuk (50.000 x 12 = 600.000) nampaknya melebihi arus kas keluar (500.000), arus kas masa depan tidak disesuaikan dengan tingkat diskonto.

Dengan demikian, proyek tersebut tampak menyesatkan. Bila arus kas didiskontokan, namun hal tersebut mengindikasikan bahwa proyek tersebut menghasilkan kerugian bersih sebesar -468,863, 09.

Dengan demikian, perhitungan nilai sekarang bersih menunjukkan bahwa proyek ini harus diabaikan karena investasi dalam proyek ini setara dengan kerugian 468.863,09 pada waktu = 0. Konsep nilai waktu uang menunjukkan bahwa arus kas dalam periode waktu yang berbeda tidak dapat dibandingkan secara akurat.


Indeks profitabilitas

Indeks profitabilitas juga dikenal sebagai rasio investasi keuntungan yaitu rasio imbal hasil terhadap investasi proyek yang diajukan.

Indeks profitabilitas = Arus kas masa depan ÷ Investasi awal

Aturan indeks profitabilitas:
  • Jika Indeks profitabilitas> 1 menerima proyek tersebut
  • Jika Indeks profitabilitas <1 li="" menolak="" proyek="" tersebut="">

Sebagai contoh:
Investasi = $ 40.000
Kehidupan Mesin = 4 Tahun











Perhitungan nilai sekarang bersih sebesar 10% dan PI:








Indeks profitabilitas = 43679/40000 = 1,091> 1 ⇒ Terimalah proyek


Tingkat pengembalian internal

Tingkat pengembalian internal adalah metode penghitungan tingkat pengembalian, yang juga disebut sebagai potongan harga arus kas diskonto. Dalam tabungan dan pinjaman biasa disebut suku bunga efektif.
Dalam metode ini menghasilkan keputusan dengan metode nilai sekarang bersih untuk proyek di lingkungan yang tidak dibatasi. Kekurangannya yaitu biasanya disalahpahami untuk menyampaikan profitabilitas tahunan investasi yang sebenarnya. Namun, hal ini tidak terjadi karena arus kas hampir tidak pernah diinvestasikan kembali ke tingkat pengembalian internal proyek. Oleh karena itu, pengembalian internal perlu dimodifikasi

Tingkat pengembalian internal yang dimodifikasi

Ini adalah modifikasi dari pengembalian internal yang mempunyai tujuan untuk menyelesaikan beberapa masalah dengan tingkat pengembalian internal dan juga untuk mengukur finansial dari daya Tarik.

Biaya tahunan setara

Pengertian
Biaya tahunan setara adalah biaya per tahun untuk mengoperasikan aset sepanjang masa pakainya. Ini bisa dihitung dengan membagi nilai sekarang bersih sebuah proyek dengan "nilai sekarang faktor anuitas".

Menilai apakah menyewa asset lebih ekonomis daripada membeli. Menghitung berapa banyak yang harus diinvestasikan dalam aset untuk mencapai hasil yang diinginkan (misalnya, membeli tangki penyimpanan dengan umur 40 tahun, berlawanan dengan yang memiliki umur 8 tahun, untuk mencapai biaya tahunan setara).

Penilaian opsi nyata

Pengertian
Dalam metode ini menerapkan opsi nayat untuk penganggaran modal. Opsi nyata itu sendiri, adalah hak, tapi bukan kewajiban. Sebagai contoh, kesempatan untuk berinvestasi dalam perluasan pabrik, adalah pilihan nyata.

Pilihan nyata yang paling berharga bila terjadi ketidakpastian tinggi, manajemen memiliki fleksibilitas yang signifikan, untuk mengubah jalannya proyek dalam arah yang menguntungkan dan bersedia menggunakan opsi tersebut.

Referensi

Buku: laudon-management-information-systems-13th-global-edition-c2014-1
http://www.studyfinance.com/lessons/capbudget/?page=01
https://en.wikipedia.org/wiki/Capital_budgeting
https://en.wikipedia.org/wiki/Accounting_rate_of_return
https://en.wikipedia.org/wiki/Average_accounting_return
https://en.wikipedia.org/wiki/Payback_period
https://en.wikipedia.org/wiki/Net_present_value
https://en.wikipedia.org/wiki/Profitability_index
https://en.wikipedia.org/wiki/Internal_rate_of_return
https://en.wikipedia.org/wiki/Modified_internal_rate_of_return
https://en.wikipedia.org/wiki/Equivalent_annual_cost
https://en.wikipedia.org/wiki/Real_options_valuation













Popular posts

Sistem informasi global dan penerapannya oleh perusahaan multinasional

Bullwhip effect

Analisis sensitivitas