Artificial intelligence

pengertian artificial intelligence


Di zaman yang canggih ini, para pakar membuat banyak teknologi baru yang dapat digunakan oleh manusia. Para pakar juga beranggapan bahwa teknologi ini dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya bahkan dapat menggantikan peran manusia tersebut. Salah satu teknologi tersebut adalah Artificial Intelligence (kecerdasan buatan).

Artificial Intelligence mempelajari bagaimana membuat mesin atau komputer yang mana komputer atau mesin tersebut dapat melakukan hal-hal yang seperti dilakukan oleh manusia. Teknologi artificial intelligence biasanya digunakan di berbagai bidang keilmuan seperti di Ilmu Manajemen, Ilmu Komputer, Filsafat, Logika, Psikologi dan tentu saja pada Sistem Informasi Manajemen. Artificial Intelligence sendiri merupakan pusat dalam program sistem atau software seperti Expert System, Fuzzy Logic, Komputer Visi, Komputasi Neural, Robotika, Pemahaman Ucapan, dan lain-lain.



Kontributor:
Ravena Maghfira


Pengertian artificial intelligence

Artificial Intelligence merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara membuat suatu komputer atau mesin yang mana mesin atau komputer tersebut bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh manusia, mungkin bisa menyerupai atau lebih baik dari hal-hal yang biasa dilakukan oleh manusia. Kecerdasan yang dimiliki oleh manusia dimasukan kedalam suatu mesin atau komputer, agar mesin atau komputer tersebut dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh manusia itu sendiri. Artificial Intelligence digunakan dalam beberapa bidang seperti expert system, games, robotic, dan bidang lainnya.


Jenis-jenis artificial intelligence

Artifial intelligence memiliki 2 tipe, yaitu:

Weak artificial intelligence

Weak artificial intelligence atau yang disebut juga narrow artificial intelligence adalah mesin atau komputer yang dibuat, didesain dan dilatih untuk kegiatan tertentu yang bertindak seakan-akan mereka cerdas. Seperti dalam permainan catur di komputer. Ketika manusia bermain melawan komputer, manusia merasa bahwa komputer tersebut benar-benar melakukan pergerakan. Padahal semua itu hanya tipu belaka, karena pergerakan tersebut telah dilakukan oleh manusia sebelum permainan tersebut ke dalam komputer sehingga catur tersebut dapat pergerakan yang sesuai dan dengan waktu yang tepat.

Strong artificial intelligence

Juga disebut “Artificial general intelligence”.
  • Reactive machines
  • Tipe dari sistem Artificial Intelligence yang paling dasar. Sistem ini tidak dapat menggunakan data di masa lalu untuk menentukan keputusan di masa sekarang karena sistem ini tidak dirancang untuk hal tersebut.
  • Limited memory
  • Sistem Artificial Intelligence ini dapat menggunakan data dari masa lalunya untuk membuat keputusan di masa datang meskipun hanya bergantung pada memorinya yang terbatas.
  • Theory of mind
  • Artificial Intelligence jenis ini membutuhkan pemahaman bahwa manusia dan hal-hal lainnya dapat mengubah keputusan yang telah mereka buat.
  • Self-awareness
  • Di tipe ini, sistem Artificial Intelligence sudah canggih. Karena mereka memiliki keadaran dan juga dapat mengerti keadaan mereka saat ini. Sehingga mereka dapat menggunakan suatu informasi untuk menyimpulkan apa yang orang lain rasakan saat itu. 

Artificial Intelligence memiliki 4 bentuk pendekatan, yaitu :

  1. Sistem yang berpikir seperti manusia (System that think like humans)
  2. Adalah sistem yang melakukan intropeksi. Dengan cara menangkap pemikiran manusia pada komputer. Sistem ini biasanya dicoba melalui eksperimen dari sel otak manusia yang berbeda.
  3. Sistem yang berperilaku seperti manusia (System that act like humans)
  4. Adalah sistem yang menyerupai tingkah laku yang dilakukan oleh manusia. Sistem ini biasanya diuji dengan cara membandingkan antara manusia dan komputer. Jika, yang menguji tidak dapat membedakan antara manusia dengan komputer tersebut maka komputer tersebut dikatakan lolos sebagai Artificial Intelligence.
  5. Sistem yang berpikir secara rasional (System that think rationally)
  6. Adalah sistem yang dikenal sangat sulit. Dikarenakan sering terjadi kesalahan dalam sistem ini. Kesalahan tersebut meliputi praktek ataupun prinsipnya. Sistem ini merupakan sistem penalaran komputasi.
  7. Sistem yang berperilaku secara rasional (System that act rationally)
  8. Adalah suatu sistem yang dikatakan cerdas. Dikarenakan mampu menyerupai tingkah laku manusia dalam melakukan suatu hal ataupun kegiatan. Sistem ini juga mampu menggantikan tugas yang dilakukan oleh manusia.


Tujuan diciptakannya artificial intelligence

Artificial intelligence diciptakan dengan tujuan untuk menciptakan suatu sistem komputer yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan suatu masalah. Artifical intelligence berguna untuk memecahkan masalah yang bersifat praktis dan bersifat memahami. Artificial intelligence adalah suatu bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana caranya untuk membuat suatu computer agar bisa melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia.


Pengaplikasian dari artificial intelligence

 Fitur dalam games

Artificial Intelligence berperan penting di dalam suatu games strategi. Salah satu contohnya adalah pada games dota 2 dan counter strike. Game tersebut memiliki fitur untuk melawan AI. AI yang dimaksud adalah artificial intelligence, yaitu kita melawan komputer yang sedang kita gunakan. Ketika kita bermain melawan AI, kita merasa bermain seperti biasa ketika melawan pemain lain. Bahkan, kita dapat memilih level kesulitan AI yang kita hadapi, seperti easy, medium, hard, atau very hard. Artificial Intelligence sudah ditanamkan di dalam sistem games tersebut, yang berarti komputer atau games sistem tersebut telah diatur.

Sistem pengelolaan bahasa

Artificial Intelligence memungkinkan manusaia untuk melakukan interaksi dengan komputer. Artificial Intelligence membantu komputer untuk memahami bahasa yang biasa digunakan oleh manusia.
  1. OKAY Google
  2. Dalam aplikasi ini pengguna bisa memberi perintah secara lisan. Setelah memberikan perintah secara lisan, maka google akan menerjemahkan perintah tersebut dan google akan mengeluarkan hasil berupa jawaban dari yang kita perintahkan. Contohnya adalah ketika kita ingin mencari tempat makan terdekat. Penggunakan cukup memberikan secara lisan “OKAY Google, Tempat Makan Terdekat”. Maka google akan secara otomatis memproses apa yang kita perintahkan, dan akan segera mengeluarkan hasil berupa lokasi dari tempat makan yang berada di dekat penggunanya. Namun aplikasi ini masih memiliki kelamahan, yaitu belum men-support ciri khas bicara dari masing-masing manusia.
  3. Google Translate.
  4. Dalam aplikasi ini pengguna bisa memberikan perintah secara tulisan untuk menerjemahkan kata atau kalimat ke dalam Bahasa lain. Maka, google akan secara otomatis menerjemahkan kata atau kalimat tersebut ke dalam Bahasa yang diinginkan. Contohnya, ketika kita ingin menerjemahkan suatu kalimat dari Bahasa inggris ke Bahasa Indonesia. Pengguna cukup mengetik atau menyalin kalimat yang berasal dari Bahasa inggris. Lalu, pengguna memilih Bahasa Indonesia sebagai Bahasa tujuannya. Maka google akan secara otomatis menerjemahkan kalimat dari Bahasa inggris tersebut menjadi Bahasa Indonesia.


Contoh penerapan artificial intelligence saat ini

Artificial Intelligence memiliki dampak yang besar saat ini pada hidup kita semua. Entah kita sadar atau tidak, pertumbuhan Artficial Intelligence cenderung pesat dari tahun ke tahun terutama yang akan terjadi di masa mendatang. Ada beberapa contoh dari Artificial Intelligence yang saat ini sering kita digunakan, antara lain:

Virtual personal assistant (siri in apple)

Semua orang pasti mengenal asisten pribadi Apple yang bernama Siri. Siri adalah computer yang memiliki suara ramah dan bersahabat yang dapat membantu manusia dalam berinteraksi. Siri dapat membantu manusia menemukan informasi, memberi petunjuk, menambahkan acara ke dalam jadwal, membantu manusia untuk mengirim pesan dan Siri tersebut dapat digunakan hanya dengan memberikan perintah melalui suara seperti “Siri, di mana restoran Jepang terdekat?”, “Apa jadwal aku untuk hari ini?” atau “Ingatkan aku untuk menelpon (nama) jam tujuh” lalu Siri akan menanggapinya dengan mencari informasi atau menyampaikan perintah tersebut ke aplikasi lain. Oleh karena itu, Artificial Intelligence sangat penting diterapkan di aplikasi ini dikarenakan mereka dapat mengumpulkan informasi tentang permintaan manusia lalu menggunakan informasi tersebut untuk menemukan jawaban yang tepat. Sehingga manusia tidak perlu repot-repot untuk mencari satu-satu.



awal mula artificial intelligence

 

Awal mula artificial intelligence

1941-1950

Pada tahun 1941, ditemukannya komputer elektronik yaitu alat penyimpanan dan pemproresan sebuah informasi. Alat tersebut ditemukan dan dikembangkan di Iowa State University, United of States and Jerman. Pada 1943, Warren McCulloch and Walter Pitt mengemukakan tiga teori yaitu pengetahuan fisiologi dan funsgi sel syaraf, dalam otak, analisa formal tentang logika proposisi, dan teori komputasi Turing. Pada tahun yang sama, McCulloch dan Pitt menerbitkan Kalkulus Logis Gagasan yang tetap ada dalam Aktivitas yang bertujuan untuk jaringan syaraf sebagai pondasi. Kemudian pada tahun 1949 membuat komputer yang digunakan untuk menyimpan program dan membuat pekerjaan lebih mudah. Inilah yang menjadi dasar pengembangan program. Sedangkan tahun 1950 Alan Turing melakukan percobaan yang bertujuan untuk menentukan program dalam mesin apakah cerdas atau tidak. Pada tahun yang sama, Nobert Wiener melakukan penelitian yang berupa teori-teori feedback seperti thermostat.


1951-1960

Pada tahun 1951, diluncurkannya program Artifisial Intelijensi pertama yang bekerja untuk menjalankan mesin Ferranty Mark I di University of Manchester, United Kingdom. Selain itu, diluncurkannya pula program catur oleh Dietrich Prinz dan program permainan oleh Crhistopher Strachey.

Tahun 1956, John McCarthy (Bapak AI), Marvin Minsky, Claude Shannon, dan Nathaniel Rochester, mengkonfirmasikan bidan Otomata, Jaringan Syaraf dan Pmeblejaran Intelijensia. Pengerjaan tersebut berlangsung dalam dua bulan di Dartsmouth. Hasilnya, Principia Mathematica yaitu sebuah program yang memiliki berifikir non-numerik dan dapat memecahkan masalah. Pada tahun yang sama, John McCarthy, Marvin Minsky, Allen Newel dan Herbert Simon mendirikan sebuah laboratorium AI di MIT, CMU, dan Stanford. McCorthy pula membuat istilah “Artificial Intelligence” dalam konferensi pertama.

1958, John McCarthy mendifinisikan sebuah bahasa program paling tinggi yaitu LISP yang masih digunakan hingga sekarang. Ia juga membuat “Programs with Common Sense” yang bertujuan untuk memakai pengetahuan dalam pemecahan masalah.

1959, Nathaniel Rochester beserta para mahasiswanya dari IBM, mengemukakan “Geometry Theorm Prover” dengan mengeluarkan teorema dengan menggunakan aksioma-aksioma yang ada.

1961-1970

Pada 1963, James Slagle, membuat program yang berujuan untuk memecahkan masalah integral tertutup pada mata kuliah kalkulus. Pada tahun yang sama, DoD memulai proyek penilitian dimana MIT menerima US $2,200,000 dari pemerintah United States untuk AI. Samuel membuat program yaitu Check-er-Playing yang bertujuan untuk permainan dan mendukung kemampuan sebelumnya. Selain itu, adanya Theorema Gelenrnter yaitu sebuah pencarian area selain matematika yang disebut dengan Geometri.

Pada 1966, Joseph Weizenbaurn membuat program bernama ELIZA. Program ini berperan sebagai psikoterapis yang bertujuan untuk meniru atau manipulasi kalimat-kalimat yang diketikan manusia.
Pada 1968, terbuatnya SHDRLU dalam Microworld Program.


1971-1990

1971, seorang psikiatris Kenneth Colby membuat program bernama PARRY. Program ini dibuat ketika Colby masih berada di University of Stanford. Program inilah bertujuan untuk merefleksikan pikiran pasien dengan mental paranoid yang sudah memasuki tahap serius. Pada tahun ini, adanya pembuatan bahasa yaitu PROLOG yang dikembangkan di France. Bahasa ini merupakan bahasan pemograman logika umum atau General Logic Programmers Language. Prolog tersebut sudah direpresentasikan sebagai fakta-fakta dan peraturan-peraturan.

1982, adanya konferensi mengenai peluncuran R1 yang beroperasi di Digital Equipment Coorporaion (DEC), McDermott. R1 inilah bertujuan untuk mengkonfigurasikan system-sistem komputer baru.

1985, adanya empat kelompok riset dalam mempelajari algoritma belajar propagansi balik (Black-Propagation Learning). Hal ini berhasil diimplementasikan dalam ilmu komputer dan psikologi.

1986, terdapat R1 mampu menghemat US $40,000,000 per tahunnya. Serta, R1 pun dapat menjual US $425,000,000 ke perusahaan-perusahaan.

1988, kelompok AI yang berada di DEC menjalankan 40 sistem pakar dan penghasilan perusahaan mencapat US $2,000,000,000.


Cara kerja artificial intelligence

cara kerja artificial intelligence

Artificial Intelligence tidak dapat bekerja secara langsung. Awalnya, manusia harus mengumpulkan masalah yang akan dibahas oleh Artificial Intelligence, tentu saja masalah yang ada bisa beragam. Lalu masalah tersebut akan menuju goalnya, yang berarti hasil akhir yang diharapkan. Setelah itu, Artificial Intelligence akan berhenti bekerja jika goal tersebut dapat terpenuhi.

Setelah mengumpulkan masalah, masalah tersebut akan dikelompokkan ke dalam titik permasalahan ke bagian yang tepat. Sehingga, semakin detail masalah yang dapat dikelompokkan, semakin baik pula keputusan yang dapat diambil oleh Artificial Intelligence.

Cara kerja artificial intelligence adalah menerima input, memproses dan kemudian mengeluarkan output berupa suatu keputusan. Oleh karena itu, melalui proses dan bagaimana cara berpikir, pakar dapat mendesain sebuah program pada computer yang mempunyai Kecerdasan Buatan (Artificial Intellgence). Program tersebut berguna untuk membantu manusia dalam menyelesaikan persoalan atau suatu masalah.


Alasan mengapa artificial intelligence penting

Artificial intelligence menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia sekarang. Itu karena system dan teknologi ini dapat mengurangi usaha manusia dalam melakukan pekerjaannya dan tentu saja memberikan hasil yang tepat, apalagi ini dipakai oleh banyak perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa artficial intelligence sangat penting bagi kehidupan:

Artificial intelligence dapat digunakan di bidang keuangan seperti bank
Bank menggunakan artificial intelligence untuk menangani berbagai pekerjaan di bank. Mereka menangani pekerjaan seperti operasi keuangan, investasi uang di saham, mengelola properti yang berbeda-beda dan masih banyak lagi. Menggunakan artificial intelligence di bank juga dapat membantu bank untuk menangani pelanggan mereka.

Artificial intelligence dapat digunakan di bidang kesehatan
Ilmu kesehatan menggunakan artificial intelligence untuk membuat asisten perawat kesehatan pribadi. Asisten tersebut digunakan membuat diagnosa yang lebih akurat dan cepat terhadap pasiennya sehingga diagnosa tersebut dapat digunakan untuk analisis dan penelitian.

Artificial intelligence dapat digunakan di bidang industri
Artificial intelligence banyak digunakan perusahaan manufaktur di unit produksi mereka. Artificial intelligence digunakan untuk melakukan pekerjaan seperti memberikan objek dari satu tempat ke tempat lain. Tetapi, jika digunakan di bagian sistem manajemen, artificial intelligence biasanya digunakan untuk menyimpan data karyawan. Sehingga, menggunakan artificial intelligence di bidang industri dapat membantu perusahaan-perusahaan untuk menyelesaikan tugasnya dengan cepat dan membantu bisnis mereka berkembang.

Artificial intelligence memiliki peran di bidang transportasi udara
Hampir semua kegiatan yang dilakukan untuk mengendalikan transportasi udara menggunakan artificial intelligence. Ada semacam software yang di rancang pada bagian artificial intelligence yang mana berguna untuk memberikan penerbangan yang lebih baik kepada penumpang dan merasa terbebas dari bahaya.


Kelebihan dan kekurangan dari artificial intelligence

Kelebihan kecerdasan buatan :

  1. Artificial intelligence bersifat permanen sementara kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini mungkin dikarenakan sifat manusia yang pelupa atau gampang berubah. Kecerdasan buatan tidak akan berubah apabila system komputer dan program nya tidak diubah.
  2. Artificial intelligence lebih mudah digandakan dan disebarkan. Karena biasanya membagikan pengetahuan atau infomasi dari satu manusia ke manusia yang lain membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama. Selain itu, suatu keahlian tidak akan pernah bisa digandakan secara lengkap. Dan jika pengetahuan atau informasi tersebut berada di dalam suatu sistem komputer, akan lebih mudah dan cepat untuk dibagikan atau disebarkan dari satu komputer ke komputer lainnya.
  3. Artificial intelligence lebih murah dibandingkan dengan kecerdasan alami dikarenakan sudah disediakan layanan komputer yang mana tidak harus mendatangkan lagi seseorang untuk melakukan pekerjaannya.
  4. Artificial intelligence bersifat konsisten atau tidak berubah-ubah dikarenakan kecerdasan buatan merupakan bagian dari teknologi komputer. Sementara kecerdasan alami tidak bersifat konsisten karena sering berubah-ubah.
  5. Artificial intelligence biasanya dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibandingkan dengan kecerdasan alami yang cenderung lebih lama.
  6.  

Kekurangan Kecerdasan Buatan :

  1. Artificial intelligence kurang memberikan kesempatan kepada orang lain untuk membuka peluang bisnis, usaha, atau sejenisnya
  2. Artificial intelligence mudah rusak
  3. Artificial intelligence membutuhkan biaya yang mahal pada proses pembuatannya
  4. Artificial intelligence membutuhkan daya listrik
  5. Bagian struktur kontrolnya terpisah dari pengetahuan


Kesimpulan

Artificial intellegence sangat berpengaruh di kehidupan manusia karena artificial intelligence dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Disamping itu, artificial intelligence dapat melakukan pekerjaan yang mirip dengan apa yang dilakukan manusia bahkan mereka bisa melakukannya lebih baik lagi, sehingga artificial intelligence dapat berkembang sangat cepat. artificial intelligence banyak digunakan karena artificial intelligence sendiri memiliki peran yang sangat penting di kehidupan manusia.

Dari pekerjaan yang kecil sampai yang besar pun manusia menggunakan artificial intelligence untuk menghasilkan suatu hasil dan menghilangkan tekanan pada manusia dalam melakukan pekerjaan karena disatu sisi mereka sudah memahami gerak kerja di bidang tersebut maka dari itu artificial intelligence banyak digunakan di berbagai bidang seperti industri, kesehatan, keuangan, dan lain-lain. Meskipun banyak digunakan, artificial intelligence juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga, manusia harus dapat menentuan keputusan yang tepat dalam menggunakan artificial intelligence.


Referensi

http://www.encyclopedia.com/science-and-technology/computers-and-electrical-engineering/computers-and-computing/artificial
https://www.tutorialspoint.com/artificial_intelligence/artificial_intelligence_overview.htm
https://www.forbes.com/sites/robertadams/2017/01/10/10-powerful-examples-of-artificial-intelligence-in-use-today/2/#3ef074bd3c8b
http://www.bbc.co.uk/timelines/zq376fr
http://globussoft.com/importance-of-artificial-intelligence/
http://www.infobarrel.com/Advantages_and_Disadvantages_for_Artificial_Intelligence_The_Pros_and_Cons_of_AI








Popular posts

Sistem informasi global dan penerapannya oleh perusahaan multinasional

Analisis sensitivitas

Ergonomi dan kaitannya dengan dunia kerja