Digital goods

pengertian digital goods adalah

Didalam dunia bisnis perubahan terjadi dalam waktu yang singkat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Salah satunya dari perkemangan teknologi didunia bisnis adalah barang digital atau yang biasa kita dengar dengan sebutan digital goods. Digital goods dapat diartikan sebagai bentuk nyata dari perkembangan terknologi`

Saat ini manusia sepertinya tidak bisa lepas dari yang namanya kecanggihan teknologi. Manusia memanfaatkan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam dunia bisnis misalnya, kini orang cenderung lebih memanfaatkan teknologi dalam bisnis mereka. Karena hal ini cenderung efektif dan efisien.


Kontributor:
Nita Nurdiana


Apa itu digital goods?

Digital goods adalah barang yang dapat dikirimkan melalui jaringan digital seperti musik, video, peranti lunak, koran, majalah, dan buku semuanya dapat disimpan, dikirim, dan dijual sebagai barang yang digital. Saat ini, sebagian besar barang ini sering kita jumpai dijual dalam bentuk fisik, misalnya dalam bentuk CD, DVD, atau buku. Namun, kini dengan adanya internet memungkinkan pengiriman semua barang ini sesuai dengan keinginan sebagai barang digital.

Tentunya hal ini sangat berkembang cepat didunia bisnis. Sebagaimana yang kita tahu bahwa sebagian penduduk bumi sudah menikmati adanya internet.


Pertama kali digital goods dikembangkan

Penggunaan transaksi komersial secara berkelanjutan menghasilkan aktivitas perdagangan elektronik seperti pemesanan yang dilaku7kan secara elektronik atau invoice. Seiring berjalannya waktu perkembangan aktivitas dikenal dengan sebutan “perdagangan web”. Transaksi pembelian barang maupun jasa melalui protokol elektronik yang dimanfaatkan untuk tujuan marketing dan advertising di suatu halaman website.

Dimulai pada tahun 1994 e-commerce diperkirakan akan menjadi sektor baru ekonomi. Namun, setelah protokol aman seperti HTTPS dirasa sudah cukup baik dan matang baru sekitar empat tahun kemudian baru banyak digunakan oleh masyarakat. Kemudian hal itu berkembang ke dunia bisnis, terutama dinegara yang paling berpengaruh didunia seperti AS dan Eropa pada tahun 1998. Barang digital merupakan pengembangan dari adanya e-commerce, dan barang digital muncul setelah adanya e-commerce. Karena AS adalah negara yang berpengaruh didunia, maka hal itu dengan mudah berkembang dan tersebar ke berbagai belahan dunia. Apalagi untuk masalah teknologi, hal itu akan sangat cepat tersebar ke berbagai negara dan akan dengan mudah diakses oleh masyarakat diberbagai belahan dunia.


Kekurangan dari digital goods

Pada umumnya, untuk menghasilkan satu unit yang baru atu benar-benar asli nyaris tidak ada biaya marginalnya. Tetapi biaya untuk menghasilkan unit pertama yang asli ternyata relatif tinggi, pada kenyataannya ini hampir mencangkup seluruh biaya dari barang karena biaya lain untuk persediaan dan distribusi sangat sedikit. Untuk harga, hal ini sangat bervariasi karena diinternet pedagang bisa mengubah harga sesering kapanpun sesuai keinginan mereka. Yang sering menjadi masalah terbesar dari barang digital adalah perlindungan Hak Kekayaan Intelektual. Karena barang digital dapat dipindahtangankan melalui jaringan internet dengan mudah, dan dijual sedemikian serba guna sehingga lebih efisien. Produsen dan distributor harus memastikan bahwa mereka mengemas digital goods dalam teknologi yang relatif kebal terhadap pembajakan.


Kelebihan dari digital goods

Biaya pengiriman melalui internet sangat rendah, biaya pemasaran relatif tetap sama dan penentuan harganya sangat bervariasi.

Saat ini digital goods bisa kita dapat dan bisa kita jangkau lewat marketspace,dan dengan melalui internet kita bisa dengan mudah mendapatkan digital goods tersebut, sehingga digital goods bisa kita dapat di mana saja kapan saja. Dengan pemasaran yang di mudahkan dengan jaringan internet, kita bisa mengakses dan mendapatkan digital goods tanpa batas ruang dan waktu. Karena hal tersebut memunginkan kita untuk mendapatkan digital goods dari smartphone atau computer pribadi baik di rumah,tempat kerja maupun dimana saja. Itu semua karena adanya pasar (marketspace), pasar yang diperluas melintasi batas-batas tradisional dan bukan lagi dari sebuah lokasi geografis yang sifatnya sementara, apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini yang memungkinkan kita dengan mudah mengakses internet.


Bagaimana untuk mengawali membuat digital goods?

  1. Kenali potensi pada diri
  2. Setiap orang pasti mempunyai hobi dan bakat yang bisa digali sehingga menemukan ide atau gagasan yang cocok untuk membuat sebuah karya. Mengetahui potensi yang ada dalam diri adalah hal yang paling pertama dilakukan untuk menentukan apa yang mau kita buat dalam produk digital kita. Hal ini penting karena dengan menjual produk sesuai dengan apa yang kita inginkan (lebih baik lagi jika sesuai dengan passion) barang yang akan dijual tentunya akan jauh lebih berkualitas.
  3. Segera mulai membuat produk
  4. Untuk membuat suatu roduk, juga harus memeperhatikan nilai kebermanfaatannya, produk yang akan dibuat harus ada manfaatnya, karena semakin besar manfaatnya, semakin bagus produk tersebut. Pastikan produk tersebut memiliki pasar dan memiliki permintaan yang cukup, karena akan percuma apabila membuat produk yang hanya berguna untuk diri sendiri. Tidak ada gunanya menghabiskan waktu berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun tahun serta membuang waktu dan tenaga untuk membuat sebuah produk yang tidak dibutuhkan masyarakat.
  5. Persaingan
  6. Mempelajari competitor itu penting, siapa competitor kita bagaimana mereka, serta untuk mengetahui apa produk kita bisa bertahan dan seberapa lama produk kita akan bertahan lama. Kalau sudah banyak competitor dibidang yang di pilih atau yang diinginkan, akan lebih baik membuat produk yang memiliki ‘nilai lebih’ yang membedakan produk kita dengan produk competitor. Karena ada dua alasan kenapa suatu produk bisa sangat laku dipasaran dan banyak diminati masyarakat, pertama kualitas produk itu sendiri, dan yang kedua adalah penempatan sebuah produk pada persaingan yang tepat.


Peran digital goods di-era saat ini

Barang digital berperan ketika manusia atau peradaban umat mengenal teknologi. Dampak disekitar kita yaitu mempermudah akses penjualan maupun pemasaran, dahulu bisnis bergantung pada produk fisik untuk penjulan seperti toko buku, toko musik, penerbit buku, label studio film kini dipermudah dengan teknologi menjadi online newspaper, online novel yang mempermudah penjualan menjadi barang digital.

Segala produk digital hanya dapat digunakan dengan melalui format elektronik. Dari mulai menyimpan, mengirim, ataupun jual belinya semua melalui marketing digital. Pembeli dapat menemukannya dalam bentuk digital download yang penawarannya secara online. Ini sangat membantu kita untuk lebih mudah menemukan apa yang kita butuhkan tanpa harus mencarinya dalam bentuk fisik.


Kesimpulan

Dengan adanya digital goods akan mempermudah akses penjualan, pembelian maupun pemasaran dalam dunia bisnis. Namun, kita juga harus tetap memperhatikan dampak dari adanya hal tersebut. Sebagai pengguna, kita harus mempergunakan terknologi sebaik mungkin dan dipergunakan sebagaimana mestinya. Dengan berbagai kemudahan terknologi yang saat ini kita rasakan, seharusnya ini menjadi dorongan bagi kita untuk berinovasi dan menciptakan sesuatu yang baru. Bukan hanya menikmati hasil dari adanya terknologi namun diharapkan kita juga bisa menciptakan sesuatu yang baru.

Popular posts

Sistem informasi global dan penerapannya oleh perusahaan multinasional

Bullwhip effect

Analisis sensitivitas