Cara penetapan harga dinamis didalam pasar digital



Dalam artikel kali ini kita akan membahas selintas tentang apa itu penetapan harga dinamis, berbagai macam metode dalam menentukan harga dinamis dan berbagai macam harga berdasarkan faktor yng dibutuhkan. Penetapan harga dinamis merupakan penetapan harga yang bisa dilakukan oleh semua orang dengan asumsi bahwa dalam melakukan perubahan itu berdasarkan situasi dan kondisi harga pasar saat ini, dan berbagai faktor eksternal dan internal yang ada. Penetapan harga dinamis juga bisa disebut sebagi harga permintaan karena disini harga dinamis itu muncul ketika ada perubahan harga pasar secara menyeluruh, dan perubahan pasar itu muncul ketika adanya perubahan dari permintaan atau pun penawaran. Penetapan harga dinamis juga dapat dilakukan dalam waktu, situasi, dan konsidi yang memungkinkan penetapan harga itu harus dilakukan. Hal tersebutlah yang membuat penetapan harga dinamis sering disebut sebagai harga suram karena belum pasti jumlah dan berapa harga yang akan ditentukan. Sehingga di dalam suatu bisnis terdapat berbagai macam metode dan perbedaan dalam penetapan harga produk dan jasa . Hal ini sering di lakukan dalam praktek secara langsung oleh berbagai bisnis, misalnya dalam hal perhotelan, perjalanan, hiburan, ritel, listrik, dan transportasi umum.


Kontributor:
Rahmawati Yulistia


Sejarah singkat tentang harga dinamis

Sebelum membahas tentang penetapan harga dinamis kita akan membahas tentang pasar digital.karena ketika kita bicara tentang harga itu artinya hal tersebut berhubungan degan transaksi jual beli dan pasti di suatu tempat yang namanya pasar entah itu pasar digital atau pun pasar fisik.Tapi kali ini kita akan lebih berfokus kepada pasar digital.
Kenapa pasar digital? karena melihat dari sisi kualitas dan manfaat yang secara langsung bisa kita rasakan.Dengan mudah kita bisa membeli dan menjual suatu barang lewat media online.Sisi keuntungan yang bisa di dapat adalah kita bisa low cost baik dari segi transpotasi nya atau pun dalam hal pengurangan biaya pencarian dan transaksinya.

Transaksi pasar digital selain mempunyai berbagai kelebihan seperti yang telah kita sebutkan diatas juga mempunyai sisi kelemahan.Sisi kelemahan tersebut bisa kita lihat dari sisi kepuasan pelanggan,karena tidak seperti pasar fisik kita bisa melihat,merasakan dan juga menilai barang dari berbagai sisi kelebihan dan kekurangan dari barang itu.Yang sering terjadi adalah ketidakpuasan dari pelanggan ketika melakukan transaksi jual beli di pasar digital,karena terkadang barang yang kita beli tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.Pasar digital juga memberikan kesempatan untuk menjual barang langsung ke konsumen.
Dari kegiatan transaksi jual beli di sini maka akan memunculkan yang namanya penentuan harga atau yang sering kita sebut sebagai penetapan harga dinamis. Dalam harga dinamis ini dilakukan ketika ada faktor yang mendorong suatu bisnis tersebut harus mengubah dan menetapkan harga yang tepat untuk konsumen.Dalam penentuannya pun harus mempertimbangkan dari segi kondisi harga pasar pada pada saat ini,dan juga tergantung dari karakteristik permintaan dari pelanggan.


Cara penentuan harga dari berbagai indurtri yang berbeda-beda

Arti dari penentuaan harga dinamis itu sebenarnya perubahan harga karena faktor-faktor tertentu,dan untuk setiap industri akan menentukan harganya dengan berbeda-beda .Hal ini dilakukan krena untuk setiap industri mempunyai tolak ukur sendiri dan mempunyai kondisi perusahaan yang berbeda-beda pula.Untuk itu ada beberapa industri beserta cara atau metode yang digunakan dalam penentuan harga dinamis.

Perhotelan

Di dalam metode yang diterapkan dalam bisnis perhotelan adalah penetapan harga dan waktu,karena harga di tentukan berdasarkan kondisi dan situasi yang sedang tejadi saat itu. Bisa kita ambil contohnya di dalam suatu bisnis yang mana akan menetapkan harga dengan harga tinggi ketika musim puncak terjadi,atau mereka akan menentukan harganya dengan harga khusus dibandingkan dengan hari-hari biasa.Disisi lain di dalam suatu bisnis akan melakukan penurunan harga ketika terjadi musim sepi terjadi. Metode ini dilakukan dengan tujuan agar mendapatkan keuntungan lebih di dalam proses bisnisnya. Hal ini merupakan salah satu dari prinsip biaya marginal.
Dalam bisnis hotel juga menetapkan harga dinamis berdasarkan kemampuan dari konsumen,sehingga harga akan ditentukan secara strata berdasarkan kelas konsumen yang mampu membayar dengan harga yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah konsumen yang mengunjungi hotel tersebut tanpa ada asumsi dari para konsumen tentang penetapan harga tersebut. Sehingga hal ini secara tidak langsung juga membantu dalam meningkatkan pendapatan.

Angkutan

Dalam penentuan harga di dalam bisnis angkutan,lebih mempertimbangkan berbagai hal seperti; jam terbang,dan hari penerbangan. Maskapai penerbangan dalam menentukan berapa penetapan harga mengambil sumber bedasarkan berbagai patokan yaitu:
  1. waktu penerbangan,dan banyaknya kursi yang dibutuhkan.
  2. pembatalan penerbangan dengan waktu yanag sama,misal karena terjadi bentrok dalam jadwal pemberangkatan.
Di bisnis transpotasi akan menaikan harga ketika terjadi kondisi tertentu,misalnya di acara atau kondisi puncak .Selain itu juga bisnis transpotasi bisa menurunkan harga berdasarkan kondisi yang ada seperti tejadinya kemacetan di jalan raya. Bahkan dengan adanya kemacatan bisa membuat bisnis transpotasi membebaskan pelanggan dari haga yang telah di tentukan.
Contohnya di sebuah perusahaan transpotasi akan menaikan harga di saat jam sibuk atau lebih tepatnya pada saat akhir pekan.Hal ini di lakukan karena di akhir pekan banyak penggan yang memanfaatkan waktunya untuk berperin,dan di kondisi seperti inilah biasanya tingat jumlah pelanggan akan meningkat.Jadi kondsi seperti inilah yang bisa dimanfaatkan untuk ke efesienan dari proses peningkatan pendapatan dan juga meningkatkan jumlah pelanggan , karena secara tidak langsung permintaan akan meningkat.
Sekaligus dijadikan sebagai bahan uktuk mengelola permintaan dikarenakan kebanyakan dari pengemudi yang tidak melaksanakan kewajibannya secara tepat yakni tidak membayar premi akan terhindar dari masa tersebut.

Olahraga pofesional

Di era sekarang ini banyak dari beberapa tim olahraga yang menggunakan metode penetapan harga dinamis ,hal ini di lakukan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk meningkatkan pendapatan.Cara yang dilakukan adalah dengan mengelola harga dengan baik sesui dengan kondisi dan kebutuhan yang dipelukan, misalnya dalam sebuah tim olahaga akan melakukan perubahan atau penetapan haga berdaarkan beberapa faktor .Faktor tersebut adalah berdasarkan ruangan yang artinya kegiatan dilakukan di dalam atau di luar ruangan,hal ini sangat berpengauh karena melihat kendala dan tingkat kesulitan dalam berbagai dampak yang kemunginana akan terjadi selain itu juga mempertimbangkan dalam hal kenyamanan dan yang tak kalah pentingnya adalah kemungkinan cuaca dan faktor berikutnya adalah tanggal permainan,tanggal pembelian dan lawan.Dari beberap faktor tesebut misalnya kita bia ambil contoh kasusnya adalah ketika ada satu tim olahraga yang menetapkan harga tinggi ketika cuaca sedang baik dan mendukung untuk jalannya acara,selanjutnya adalah suatu tim olahraga akan memaikan harga ketika final games atau puncak dari acara tersebut. Akan menjadi suatu yang berbeda ketkika cuaca buuk dan tidak mendukung jalannya acara maka hal tersebut yang menyebabkan suatu tim olahraga menetapkan dengan harga rendah, hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi kerugian yang berlebihan.

 

Berbagai macam jenis harga berdasarkan faktor yang mempengaruhinya.

Harga akan berubah berdasarkan kondisi dan faktor internal dan ekternal yang mempengaruhinya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam pasar digital dalam transaksinya tidak lagi melalui perantara, seperti distributor ataupun gerai ritel, tidak seperti pasar tradisional yang masih membutuhkan perantara. Ini menjadi kelebihan dari prasar digital karena dapat mengurangi biaya.Bisa dilihat seberapa besar yang bisa kita hemat dari penghematan biaya yang seharusnya di keluarkan oleh seorang konsumen, jika transaksi nya di lakukan di pasar tradisional atau pasar fisik itu akan menghemat 40% jika menggunakan pasar digital.
Untuk itu ada berbagai macam harga berdasarkan faktor yang mempengaruhinya :

Retail

Retail atau sering kita sebut sebagai pengecer online,dalam melakukan penetapan harga di dalam retail atau pengecer online mempertimbangkan beberapa faktor diantaranya adalah berdasarkan sasaran penjualan yang artinya pengecer online harus menentkan harga berdasarkan sasaran penjualannya dan melihat siapa sasaran yang ingin kita tuju . Contohya jika dikalangan mahasiswa maka pengecer online pun harus mematok harga yang sekianya bisa di jangkau oleh mereka,akan tetapi jika kalangan yang dituju adalah orang berpenghasilan tinggi maka pengecer online pun harus menetukan harga yang cocok misalnya dengan harga yang tinggi. Faktor kedua adalah bedasarkan waktu ,hal ini penting karena kita harus melihat kapan kita harus menjual produk yang sesuai dengan kebtuhan di waktu itu. Itu artinya ketika kita bisa menyesuaikan produk kita sesuai dengan trend saat itu atau sesuai dengan kebutuhan waktu itu dengan harga yang sesuai dengan waktu yang tepat maka secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan bagi si pengecer online dan faktor berikutnya adalah lalu lintas, tingkat konversi dan yang tak kalah pentingnya adalah penyesuaian harga produk sesuai dengan harga dagang pesaing, hal ini dilakukan untuk menyesuaikan harga yang tepat untuk pelanggan agar mereka tidak beralih pindah ke pengecer online lain. Misalnya dengan cara menuunkan harga atau meninggikan harga jika itu harus dilakukan agar pelanggan tidak beralih ke pengecer lain. Dari bebeapa faktor tersebt ada tiga cara untuk melaksanakannya:
  1. Pengecer online dapat menggunakan harga intelijen untuk menyesuaikan harga kompetitor lain yang mungkin lebih rendah dari kita.
  2. Jika harga permintaan rendah pengecer bisa melakukan tindakan dengan cara menurunkan harga barang.
  3. Tetapi jika pemintaan tinggi maka pengecer online melakukan pentapan harga dengan harga tinggi.
Hal yang terpenting lainya dari permasalahan ini adalah ketika terjadi perbedaan haga diwaktu yang besamaan. Itu yang menyebabkan kecemburuan dan diskriminasi bagi para pedagang lainnya. Harus ada pengontrolan juga dari sisi pemerintah agar tidak terjadi hal tersebut.

Harga berdasarkan Elastisitas.

Berbicara elastisitas itu artinya berbicaa tentang kepuasan dari setiap konsumen atau pelanggan yang menikmati produk yang kita produksi.Dan untuk nilai kepuasan itu tidak bisa di ukur karena kepuasan dari setiap individu selalu berbeda beda dan sangat sulit untuk mendapatkan suatu kesempurnaan nilai.Biasanya konsumen akan merasa sangat sensitif ketika penetapan harga dinaikan atau dengan elastisitas tinggi tetapi ketika haga yang di tetapkan rendah atau bisa kita katakan dengan elastisitas rendah itu akan mendorong konsmen untuk lebih menghargai harga tesebut. Manfaat dari penentuan harga berdasakan elastisitas harga adalah bisa mengetahui di tingkat titik manakah yang disukai oleh konsumen, yang terpenting dari sub ini adalah penentuan harga bedasarkan nilai atau elastisitasnya adalah dengan mempertimbangkan :
  1. Produk
  2. Kategori
  3. Waktu
  4. pengecer
  5. dan lokasi
Sehingga dapat kita simpulkan bahwa penetuan harga berdasarkan elastisitanya itu secara merata hanya untuk meningkatkan produktifitas dan profitabilitasnya.

Harga berdasarkan pesaing.

Harga berdasakan pesaing itu merupakan salah satu penentuan harga yang sangat besar dampaknya bagi suatu bisnis ,karena penentuannya berdasarkan harga yang ditetapkan oleh pesaing lainnya. Hal ini yang menimbulkan sebuah kompetisi dalam penentuan harga. Misalnya jika salah satu pesaing memasang haga produk lebih tinggi maka hal itu akan di jadikan tolak ukur bagi perusahaan lain nya untuk meningkatkan harga dengan tingkatan yang lebih tinggi dan hal ini membantu meningkatkan produktifitas .Metode ini dilakukan ketika perusahaan yann lain sedang mengalami kekosongan cadangan produknya,sehingga perusahaan lainnya akan memanfaatkan untuk meningkatkan produk sehingga mendapatkan keuntungan yang besar pula.

Harga utilitas berbasis waktu.

Penentuan harga berdasarkan lama waktu penggunaan produk ,contohnya pada pemakaian listrik. Kita bisa menetukan jumlah harga brdasarkan lama dan besarnya listrik yang digunakan selama periode waktu tersebut. Tingkat harga yang ditetapkan biasanya tidak jauh dari haga periode sebelumnya. Penentuan harga utilitas berbasis waktu ini juga bisa berubah ketika dari pihak konsumen merubah pola pemakaian listriknya. Sehingga hal tesebut mempengauhi besarnya harganya akan di tetapkan dalam pembayaran di periode berikutnya.

Kesimpulan

Pasar digital meupakan tempat terjadinya transaksi jual beli antar penjual dan pembeli tanpa melalui perantara .Dengan tidak adanya perantara itu akan memberikan manfaat positif yakni dapat mengurangi biaya transpotasi dan biaya perantara dalam persyaratan transaksi jual beli.Dari transaksi tesebut akan muncul masalah penentuan harga dinamis.fungsinya yaitu untuk mempermudah suatu industri dalam menentukan titik harga yang diminati oleh konsumen dan juga membantu dalam proses penentun haga yang sesuai dengan harga pasar. Kemudian dari hal tersebut akan membantu dari seiap industri dalam hal meningatkan pemintaan, produktifitas dan secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan. Dalam penentuan harga dinamis harus melihat dari beberapa faktor, baik dari faktor internal maupun ektenal yang mempengaruhinya. Sehigga setiap industi bisa melakukan penetapan harga yang sesuai tanpa ada kecemburuan antar indusrti dalam menentukan harga tersebut. Karena setiap industri pun mempunyai metode dan cara penentuan harga yang berbeda-beda pula. Hal tersebut di pengaruhi oleh berbagai tingkat kondisi dari setiap industri yang berbeda-beda. Dalam penentuan harga dinamis dilaukan sesuai dengan faktor yang mempengaruhi masing-masing dari industri tersebut. Ada beberpa istilah atau nama lain dari penetapan harga dinamis salah satunya yaitu penentuan harga dinamis sering di sebut sebagai haga suram ,hal tersebut karena jumlah harga yang akan di tentukan belum pasti jmlah dan harganyanya. Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga dinamis adalah dai segi elatisitasnya,harga utilitas berbasis waktu,dan berdasakan pesaing.
Banyak dari beberapa indstri yang telah menerapkan penenetapan harga dinamis di pasar digital. Tetapi selain memunyai berbagai kelebihan di dalam penetapan harga dinamis mempunyai kekurangan yakni dalam hal kepuasan, karena dalam hal kepuasan itu berarti membahas tentang perbedaan atau pemikiran dari setiap individu. Oleh karena itu, perlu adanya nilai untuk mengukur jumlah atau harga yang membuat pelanggan merasa puas akan penentuan haga yang kita buat yaitu salah satu caranya dalah dengan penentuan harga berdasarkan elastisitas, karena di sini elastisitas membantu sebuah industri dalam meningkatkan produktifitas dan menentukan harga yang sesuai dengan pelanggan.

Popular posts

Sistem informasi global dan penerapannya oleh perusahaan multinasional

Bullwhip effect

Analisis sensitivitas