Cara mudah mengatur anggaran keuangan pribadi

mengatur keuangan pribadi

Di era kehidupan yang serba efisien dan cepat ini penting bagi kita masih berhati-hati mengenai keuangan. Bukan suatu hal yang baru kalau uang seringkali lenyap begitu saja, tidak jelas mengalir kemana dan tau – tau sudah habis. Ini berlaku bagi siapa saja, dari kalangan mereka yang masih mendapat uang bulanan sampai yang sudah bekerja juga. Akan lebih penting untuk mereka yang sudah bekerja, agar memperhatikan arus kas pada gaji yang mereka peroleh.


Kontributor:
Ifa Nuzulul Rohmah


Mengapa kita harus membuat anggaran pribadi?

Anggaran bukan hanya untuk mereka yang mengambil studi keuangan atau akuntansi. Semua orang pasti butuh anggaran, dan semakin baik anggaran yang dibuat maka masalah keuangan akan semakin teratasi. Membuat anggaran dapat memungkinkan anda memiliki kontrol atas apa yang anda belanjakan. Khususnya anggaran bulanan yang dapat membantu anda untuk memutuskan cara terbaik dalam membelanjakan uang, melunasi hutang-hutang, merencanakan masa depan atau tabungan dengan mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu. Melengkapi anggaran pribadi memberikan kontrol yang lebih besar terhadap pengeluaran pribadi dan memungkinkan Anda menentukan di mana tabungan dapat dilakukan untuk barang-barang yang lebih besar, seperti liburan di luar negeri, atau untuk mengumpulkan sejumlah uang untuk investasi masa depan atau masa pensiun.


Bagaimana aliran arus kas bekerja?

Aliran dalam arus kas mengacu pada gerak masuk dan keluar uang. Mereka yang hanya berpenghasilan kemudian membayar tagihan tidak terlibat dalam proses pengelolaan arus kas, itu kelangsungan hidup. Pengelolaan arus kas riil melibatkan pemahaman komponen yang membentuk dari mana uang berasal, kemana arah nya, dan pilihan apa yang tepat dalam menciptakan kehidupan yang lebih memuaskan. Ada banyak komponen dalam arus kas.


Apa saja yang merupakan komponen penghasilan?

Penghasilan bisa berasal dari gaji, bonus, wiraswasta atau sumber investasi. Dalam beberapa kasus, Anda dapat mengendalikan penghasilan Anda, yaitu bekerja lebih lama atau pekerjaan kedua, menerima klien tambahan, atau memilih investasi yang memberi tingkat pendapatan lebih tinggi. Dalam kebanyakan kasus, kontrol dan waktu terbatas.


Jenis – jenis pengeluaran

Biaya tetap

Biaya Tetap, juga dikenal sebagai biaya struktural, adalah biaya dasar yang tidak dapat Anda kendalikan secara bulanan. Misalnya, sewa, hipotek, dan utilitas; Tagihan datang setiap bulan dan sementara Anda mungkin pindah ke apartemen atau kontrakan yang sedikit lebih murah. Tanpa perubahan struktural, kategori ini cukup kaku. Perubahan struktural bisa berarti pindah ke area di mana biaya properti kurang atau pindah ke rumah yang lebih kecil.

Biaya discretionary (biaya yang dapat meningkat atau menurun)

Biaya discretionary adalah di mana Anda membuat pilihan dan oleh karena itu, kontrol lebih diberikan. Misalnya, Anda bisa berbelanja di toko diskon daripada toko merek nama premium yang menampilkan daya tarik bersama dengan label harga yang lebih tinggi. Anda dapat memilih untuk menginvestasikan uang liburan Anda dalam perjalanan ke Jepang atau petualangan domestik yang lebih murah. Pilihan yang Anda tentukan sangat memengaruhi jumlah gaji dalam komponen ini.

Pajak

Pajak adalah kategori yang membuat kita paling tidak nyaman dan, bagi kebanyakan orang, sebuah deduksi otomatis. Jika Anda berutang kepada pemerintah sebuah saldo substansial atau menerima pengembalian dana yang signifikan, Anda memiliki beberapa pekerjaan untuk dilakukan di segmen pajak pengelolaan arus kas Anda. Jika Anda wiraswasta, manajemen pajak adalah aspek perencanaan yang lebih kritis lagi.

Tabungan

Tabungan adalah komponen terakhir dalam lika – liku arus kas. Apakah Anda menyimpan secara teratur dan sistematis atau apakah Anda menyimpan bila ada sesuatu yang tersisa? Tabungan adalah kesempatan kita untuk menyisihkan dan mengamankan kekayaan kita. Pilihan yang lebih baik yang Anda buat di kategori lain, semakin banyak kekayaan dan keamanan yang diperoleh.

Bayangkan peningkatan kepuasan hidup dan uang Anda saat Anda merasa mengendalikan pengeluaran Anda dan terutama tabungan Anda. Memiliki kekuatan dan pengetahuan tentang seberapa baik Anda meningkatkan kecepatan tabungan Anda dan dengan demikian bangunan kekayaan Anda menciptakan pilihan, alternatif dan pilihan hidup yang lebih banyak.

Mulailah dengan mengatur. Temukan laporan bank, tagihan dan kuitansi. Ini akan membantu Anda melihat di mana uang dihabiskan (sewa, telepon, listrik, asuransi, belanjaan dan sebagainya).


Pengerjaan pendapatan pribadi

  • Mulailah dengan gaji dan atau upah untuk Anda dan pasangan Anda
  • Sumber penghasilan lainnya. Apakah Anda menerima bunga dari rekening tabungan? Bekerja untuk membantu keluarga?
  • Seringkali lebih mudah untuk memikirkan pendapatan dan pengeluaran dalam seminggu atau per dua minggu atau per bulan 
anggaran kas pribadi

 

Mengerjakan pengeluaran anda

  • Isi setiap baris anggaran biaya yang berlaku untuk anda dan keluarga anda
  • Gunakan kuitansi lalu dan laporan bank untuk memperkirakan pengeluaran di masa depan
  • Jika Anda memiliki angka mingguan, dua minggu atau bulanan kalikan jumlahnya untuk mencapai jumlah tahunan
  • Ubah kategori biaya agar sesuai dengan gaya hidup Anda sendiri atau tulis keterangan saat Anda pergi
beban beban pengeluaran pribadi
beban beban pengeluaran pribadi

Menghitung surplus atau defisit kas

Total Penghasilan - Total Biaya = surplus atau defisit kas.
Menentukan surplus atau defisit merupakan langkah penting menuju penetapan tujuan dalam anggaran. Diadakan penyesuaian seperlunya.

Apa yang harus dilakukan dengan surplus kas?

Jika Anda memiliki surplus kas yang tersisa setelah Anda membayar barang-barang penting, lepaskan godaan untuk dibelanjakan! Semua yang Anda peroleh dengan "mengutamakan kepentingan pribadi". Pilih saja jumlah atau persentase dari penghasilan Anda. Anda akan menghemat setiap pembayaran untuk memperbaiki posisi keuangan Anda.

Masukkan uang ekstra ke rekening terpisah dan simpan untuk keadaan darurat atau untuk tujuan jangka panjang seperti setoran rumah, pendidikan anak-anak atau masa pensiun Anda. Buat tanggal untuk meninjau anggaran Anda dalam waktu enam bulan. Dibutuhkan disiplin untuk menghemat dalam jangka waktu lama, tetap sederhana, menetapkan tujuan yang realistis dan melihat uang Anda tumbuh terus - menerus.

Menyimpan lebih mudah jika Anda memiliki beberapa tujuan yang jelas dan memotivasi (misalnya membeli ternak). Ingat saat menghemat dari hari ke hari tampaknya mengambil sedikit, namun bisa menjadi besar nantinya.


Bagaimana jika saya mengalami defisit?

  1. Gunakan tabungan untuk melunasi hutang
  2. Berencana untuk melunasi utang macet
  3. Hutang yang baik dapat digunakan sebagai leverage untuk menghasilkan uang (misalnya pinjaman untuk membeli saham)
  4. Minimalkan penggunaan kartu kredit dan sewa beli
    • Pikirkan cara untuk meningkatkan penghasilan Anda
    • Dalam bidang apa saja pengeluaran bisa dikurangi?
  5. Anggaran yang harus realistis atau pengurangan pengeluaran tidak akan tercapai
    • Menjaga catatan tentang apa dan kapan Anda menghabiskan di buku catatan membantu melacak beberapa dari daftar
    • "Miscellaneous expense" atau pengeluaran yang tidak jelas pada laporan bank
  6. Menyiapkan akun terpisah dan menggunakan pembayaran otomatis adalah salah satu cara untuk memastikan Anda mencapai nya
  7. Sebaiknya sisihkan uang untuk keadaan darurat (dua sampai tiga bulan bayar)
    • Buatlah rekening tabungan terpisah untuk tujuan jangka panjang
    • Rekening perbankan online sering tidak memiliki biaya dan tanpa kartu ATM, hal itu menghilangkan godaan
    • Buat tabungan Anda untuk melakukan pembelian impulsif


Beberapa pakar mengemukakan tentang tips untuk anggaran pribadi

GREG MCBRIDE

Apakah Anda menyebutnya 'anggaran' atau 'rencana pengeluaran', memulai dan mempertahankan kebiasaan ini melayani beberapa tujuan keuangan mendasar. Ini menentukan batasan pengeluaran Anda, mengkalibrasi pengeluaran Anda dengan pendapatan yang sebenarnya Anda bawa, meminta pertanggungjawaban Anda atas berapa banyak pengeluaran dan bagaimana pengeluarannya, dan berfungsi sebagai peta jalan untuk memaksimalkan penghematan.

Mulailah dengan menetapkan anggaran bulanan yang realistis. Bagaimana? Lacak pengeluaran Anda selama beberapa bulan, tinjau ulang rencana dan buat revisi seperlunya. Yang penting, rencanakan biaya terburuk - seperti menetapkan anggaran utilitas Anda pada bulan paling mahal tahun ini, jadilah panas musim panas atau musim dingin dan biaya yang tidak diantisipasi, seperti perawatan dan perbaikan mobil. Jangan lupa anggaran untuk biaya yang tidak dikeluarkan pada jadwal bulanan reguler, seperti premi asuransi.

Menetapkan anggaran yang tidak beralasan pada kenyataannya tidak berguna. Pastikan Anda memiliki setidaknya jumlah total biaya bulanan yang dianggarkan yang langsung disimpan dari cek gaji Anda ke akun Anda setiap bulan, dan setorkan langsung selisihnya ke rekening tabungan.

Lacak pengeluaran Anda terhadap anggaran ini setiap bulannya. Beginilah cara Anda bertanggung jawab terhadap rencana pengeluaran Anda-melihat ke mana Anda mungkin telah pergi ke laut, di mana Anda telah berdisiplin mengenai pengeluaran Anda, dan area di mana biaya yang tidak direncanakan membuat Anda terlantar. Pada penghitungan akhir bulan jumlah total yang dibelanjakan versus jumlah yang telah Anda bayar. Jika Anda masuk di bawah anggaran, Anda memberi Anda gigitan kedua pada apel tabungan dengan kemudian mentransfer surplus ini ke rekening tabungan Anda.

Seiring Anda melacak pola pengeluaran Anda secara berkelanjutan, carilah peluang di mana biaya dapat dipangkas dalam upaya untuk meningkatkan penghematan lebih lanjut. Misalnya, makan siang dengan mengantongi coklat beberapa kali per minggu bisa membebaskan $25 atau lebih per cek gaji lagi yang sekarang dapat Anda tuju langsung ke tabungan.

Prinsip utama kesuksesan finansial adalah membayar diri Anda terlebih dahulu dan hidup sesuai dengan kemampuan Anda. Anggaran yang akurat dan rutinitas yang ketat untuk melacak pengeluaran Anda terhadapnya, menyelesaikan keduanya dan menempatkan Anda pada jalur menuju keamanan finansial.

Greg McBride (@BankrateGreg) adalah wakil presiden senior dan analis keuangan utama untuk Bankrate.com, memberikan analisis dan saran mengenai keuangan pribadi.

FRANK HOLMES

Sebagai manusia, seberapa sulitkah kita memisahkan kebutuhan kita dari keinginan kita? Bagi mereka yang konsep ini muncul secara alami, jalan untuk menciptakan dan mempertahankan anggaran belanja yang sehat sudah jelas. Tentu gagasan ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan dalam banyak kasus, namun dengan menangani dan menilai perbedaan antara keduanya, kita semua memiliki kemampuan untuk menjadi pemboros dan penabung yang lebih bertanggung jawab.

Konsepnya sederhana. Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan untuk bertahan hidup di masyarakat tempat kita tinggal: makanan, pakaian, perumahan, perawatan kesehatan dan sering kali moda transportasi untuk sampai ke dan dari tempat kerja. Keinginan adalah sesuatu yang tidak perlu untuk bertahan: pakaian desainer, mobil sport, liburan mewah dan malam hari. Ketika kita memahami perbedaan dan menerapkannya dalam pengeluaran kita sehari-hari, kita menjadi sadar dan disiplin saat menghadapi pembelian yang menggoda; Kita bisa hidup sesuai dengan kemampuan kita dan lebih mudah bertahan sesuai anggaran kita. Selalu bertanya: Apakah ini sesuatu yang perlu saya beli? Apakah ini sesuatu yang ingin saya beli? Dapatkah saya membeli ini sekarang? Bagaimana ini akan mempengaruhi tabungan saya?

Cara lain untuk mempertahankan anggaran belanja yang sehat adalah dengan memanfaatkan program rata-rata biaya dolar. Dengan secara teratur membeli sejumlah investasi tertentu yang pasti, dan menetapkan pembayaran secara otomatis, yang mungkin tampak seperti penarikan bulanan kecil dari akun Anda, dapat dengan cepat tumbuh menjadi jumlah yang berarti. Dengan memanfaatkan program semacam ini selain kewajiban moneter lainnya, memberi kesempatan bagi investor yang tidak berpengalaman untuk melihat uang mereka pergi bekerja. Kita semua perlu menabung untuk tujuan masa depan kita, dan melihat hasil usaha investasi kita adalah cara yang bagus untuk mendorong investor agar tetap memisahkan kebutuhan dari keinginan.

Frank Holmes adalah chief executive dan chief investment officer dari A.S. Global

Software arus kas untuk pengeluaran
Perangkat lunak komputer memungkinkan pengelolaan tunai sehari-hari, menentukan uang tunai Saldo, perencanaan dan analisis arus kas, menemukan kekurangan uang tunai, investasi uang tunai surplus, akuntansi untuk transaksi kas, mengotomatisasi piutang usaha dan hutang dan perbankan dial-up.

 Komputerisasi meningkatkan ketersediaan, akurasi, dan ketepatan waktu, dan pemantauan informasi tunai dengan biaya minimal. Informasi tunai harian membantu dalam merencanakan bagaimana menggunakan saldo kas. Ini memungkinkan integrasi berbagai jenisi nformasi kas terkait seperti koleksi rekening nasabah dan saldo kas,dan pengaruh pembayaran tunai atas saldo kas.

Perangkat lunak program Spreadsheet seperti Microsoft Excel, Lotus 1-2-3, dan Quattro Procan membantu Anda dalam mengembangkan anggaran tunai dan menjawab berbagai variasi pertanyaan "apa-jika". Misalnya, Anda bisa melihat efek arus kas dari berbeda skenario (misalkan: pembelian dan penjualan berbagai lini produk).



Popular posts

Sistem informasi global dan penerapannya oleh perusahaan multinasional

Bullwhip effect

Analisis sensitivitas