Rencana anggaran penjualan produk melalui media online dan realisasinya "Studi kasus akun instagram dan shopee clothing space"


online shop "clothing space"
Kebutuhan ekonomi masyarakat semakin tinggi. Namun lowongan pekerjaan yang tersedia tidak mencukupi. Hal inilah yang membuat banyak orang untuk mencari bahkan membuat lapangan pekerjaan. Karena hasil dari pekerjaan tersebut yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi banyaknya kendala yang dihadapi oleh masyarakat cukup banyak. Salah satunya adalah lapangan pekerjaan yang tidak sesuai dengan banyak nya pencari kerja, banyaknya pencari kerja yang tidak memiliki skill, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya kendala tersebut, mulai banyaknya masyarakat yang mencari pekerjaan melalui internet.


Kontributor:
Anindita Nur Prasetyarini


Abstrak

Perkembangan penggunaan teknologi sebagai media untuk kegiatan perdagangan di kalangan masyarakat saat ini berkembang cukup pesat. Keinginan masyarakat untuk melakukan transaksi secara mudah dan dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun membuat banyak sekali peluang untuk masyarakat dari semua kalangan untuk memulai bisnis dengan metode pemasaran melalui web, dan media sosial.

Disini penulis melakukan penelitian dengan objek penjualan jilbab melalui media online shopee dan instagram. Banyak nya peminat yang dikarenakan shopee merupakan media penjualan serta pemasaran online yang pada bulan April 2016 masih memberlakukan minimal pembelian sebesar Rp 30,000 dan subsidi biaya pengiriman hingga Rp80,000 membuat pemilik akun @clothing.space dan @spacehijab yang merupakan salah satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman untuk menjual dan memasarkan jilbab yang ia beli dari supplier jilbab melalui media online shopee, dan instagram.

Penulis menggunakan metode kualitatif sebagai metode penelitian. Hasil menunjukkan bahwa dapat kita lihat bahwa setiap bulannya Clothing Space mengalami kenaikan target unit setiap bulannya karena setiap bulan selama 3 bulan, dan realisasinya melebihi target yang sudah direncanakan. Dapat kita lihat pada bulan Juni penjualan jilbab Saudia meningkat sebanyak 134 item dari yang ditargetkan. Peningkatan jumlah penjualan ini lebih banyak dibandingkan target dan realisasi pada bulan bulan sebelumnya. Hal tersebut terjadi dikarenakan pada bulan Juni sudah memasuki bulan suci ramadhan. Dimana pada bulan suci ramadhan banyak sekali masyarakat yang mencari produk yang untuk digunakan saat idul fitri.


Pendahuluan

Perkembangan penggunaan teknologi sebagai media untuk kegiatan perdagangan di kalangan masyarakat saat ini berkembang cukup pesat. Keinginan masyarakat untuk melakukan transaksi secara mudah dan dapat dilakukan dimana pun dan kapan pun membuat banyak sekali peluang untuk masyarakat dari semua kalangan untuk memulai bisnis dengan metode pemasaran melalui web, dan media social.

Transaksi dengan menggunakan teknologi internet pada saat ini merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat. Kebanyakan masyarakat terutama kaum muda - mudi di Indonesia apabila ingin melakukan transaksi jual-beli, mereka lebih suka berbelanja memalui online shopping yang mana melalui online shop ini kita tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang-barang yang kita inginkan. Mudahnya akses internet seperti wifi maupun banyaknya perangkat gadget memudahkan masyarakat dalam mencari kriteria produk maupun jasa yang diinginkan. Online shopping ini di sukai oleh kaum muda - mudi dikarenakan transaksi yang mudah.

Online shopping memiliki definisi sebagai sarana untuk memamerkan, dan memasarkan produk melalui media online. Hampir semua media online yang terkenal dikalangan masyarakat Indonesia digunakan untuk memasarkan produk yang ingin dijual oleh penyedia jasa online shopping. Semakin berkembangnya media online di Indonesia menandakan berkembangnya Media online yang saat ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat untuk memasarkan serta menjual produk mereka adalah instagram, shopee, facebook, blog, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dapat kita bandingkan saat kita belum mengenal adanya internet dan juga media sosial. Apabila kita ingin berbelanja suatu produk atau memesan jasa, mengharuskan kita keluar rumah untuk mencari produk dan jasa yang kita inginkan. Dengan semakin berkembangnya teknologi pada zaman ini, kita tidak hanya memasarkan, tetapi juga membeli produk tidak hanya di lingkungan kita saja, tetapi juga bisa hingga luar kota, luar pulau, bahkan juga bisa membeli, serta memasarkan produk hingga ke luar negeri.


Rencana

Perencanaan harus mempertimbangkan jumlah dan mutu suatu produk serta jasa yang telah ada dan baru, tergusurnya produk yang ada, kondisi manufaktur, dan peluang pertumbuhan.

Rencana menspesifikkan rincian dari bagaimana mencapai strategi dan dapat ditampilkan dalam urutan, termasuk biaya dan waktu dari tiap langkah serta tanggal – tanggal deadline. Perencanaan dibuat lebih mudah ketika bisnis dalam keadaan stabil. Akan tetapi lebih sulit untuk membuat suatu perencanaan apabila ada berbagai macam produk yang beredar di pasar yang dengan sangat cepat berubah.

Rencana jangka panjang harus memperhitungkan peluang-peluang yang muncul, diversifikasi, persaingan, ekspansi, kemampuan menyesuaikan diri, dan kondisi keuangan.

Suatu rencana merupakan outline yang terinci dan terstruktur untuk mencapai suatu tujuan yang memiliki jangka waktu tertentu.
Perencanaan dimulai dari segmen bisnis kecil yang menurut pendekatan bottom-up. Harus ada kategorisasi produk, jasa, fasilitas, dan pasar.


Anggaran

Pengertian Anggaran Menurut Munandar (2001:11) defenisi anggaran adalah ”suatu rencana yang disusun secara sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit atau kesatuan moneter yang berlaku untuk jangka waktu yang akan datang.”

Anggaran juga dapat diartikan sebagai istilah perencanaan untuk pengendalian laba menyeluruh dapat didefenisikan secara luas sebagai suatu anggaran sistematis dan formal untuk perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian tanggung jawab manajemen (Welsch, 2000:5).

Menurut Nafarin, (2000:11), “anggaran merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan umumnya dinyatakan dalam satuan uang, tetapi dapat juga dinyatakan dalam satuan barang maupun jasa”.

Anggaran adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan unit usaha, yang dinyatakan dalam unit (kesatuan moneter) dan berlaku untuk jangka waktu tertentu yang akan datang.

Rencana diperlukan oleh perusahaan sebagai alat pengawasan terhadap pelaksanaan dari rencana tersebut di waktu yang akan datang. Dengan adanya rencana, maka perusahaan mempunyai tolok ukur untuk menilai realisasi kegiatan-kegiatan unit usaha nanti.

Fungsi utama dari budget (anggaran) adalah sebagai pedoman kerja, sebagai alat pengkoordinasian kerja serta sebagai alat pengawasan kerja. Budget memiliki kaitan yang erat dengan manajemen, khususnya yang berhubungan dengan penyusunan rencana, pengkoordinasian kerja, dan pengawasan kerja. Penganggaran dapat membantu manajemen dalam membantu menjalankan fungsi-fungsinya.

Di zaman yang modern ini mulai banyak berkembangnya usaha yang dipasarkan melalui media online. Yang memudahkan customer untuk berbelanja tanpa harus keluar rumah dan dapat menghemat waktu. Semakin banyaknya peminat masyarakat untuk mencari penghasilan melalui media online, maka penulis mencoba untuk membatu pembaca dan memberikan gambaran bagaimana cara membuat anggaran untuk memulai bisnis yang dipasarkan melalui media online.


Periode waktu

Sebagian besar anggaran disiapkan secara bulanan, namun kerangka waktu untuk anggaran dapat sepanjang apapun selama masih berguna. Kerangka waktu ini tergantung dari jenis pasar, metode konstruksi untuk fasilitas modal, siklus hidup produk, tingkat perputaran, periode manufaktur, waktu untuk mengembangkan produk, sifat industri, siklus, keakuratan informasi keuangan, waktu untuk sumber-sumber bahan baku, dan bagaimana data harus digunakan. Periode anggaran yang lebih pendek cocok untuk waktu dimana banyak terjadi ketidakpastan dan kejadian-kejadian yang tidak stabil.

Disini penulis melakukan penelitian dengan objek penjualan jilbab melalui media online shopee dan instagram. Banyak nya peminat yang dikarenakan shopee merupakan media penjualan serta pemasaran online yang pada bulan April 2016 masih memberlakukan minimal pembelian sebesar Rp30,000 dan subsidi ongkos pengiriman hingga Rp80,000 membuat pemilik akun @clothing.space dan @spacehijab yang merupakan salah satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman untuk menjual dan memasarkan jilbab yang ia beli dari supplier jilbab melalui media online shopee, dan instagram.


Keuntungan memasarkan produk serta jasa melalui internet dan resiko

Memasarkan dan menjual produk serta jasa melalui media online atau bias disebut dengan e-commerce memiliki beberapa keuntungan, yaitu :
  1. Mudah untuk dilakukan
  2. Sangat mudah untuk dilakukan karena bisnis online tidak harus memiliki modal. Apabila kita ingin memulai bisnis online, kita dapat melakukannya dengan cara dropship bagi orang-orang yang tidak memiliki modal untuk berjualan. Apabila mempunyai modal yang cukup untuk berjualan, kita juga bisa menjadi reseller bahkan agen dari suatu produk.
  3. Menghemat waktu
  4. Online shop sangat bisa menghemat waktu. Karena kita tidak harus berada di toko. Tetapi kita bisa berjualan sambil melakukan pekerjaan rumah. Seperti mencuci, memasak, dan lain sebagainnya. Selain itu online shop juga tidak memiliki batas waktu tertentu. Dapat dilakukan saat senggang, dan dapat dilakukan mau saat pagi, siang, sore, atau pun malam hari.
  5. Mengurangi biaya operasional
  6. Mudah dalam memasarkan produk
  7. Tidak memiliki batas tempat
  8. Apabila kita berjualan melalui media online ini, kita bisa melakukan di rumah, di kampus, saat sedang nongkrong di café, dan lain sebagainya.
  9. Memiliki jangkauan pasar yang luas
  10. Pemasaran
  11. Memasarkan produk melalui media online atau yang sering kita sebut dengan online shop ini tidak memiliki batas tempat. Dengan kata lain dapat kita lakukan dimanapun.. kita bisa melakukannya di ruma, di kampus saat break kuliah, bahkan saat sedang hangout di café.
  12. Menghemat biaya promosi
  13. Promosi dapat dilakukan dengan meminta tolong teman untuk mempromosikan akun online shop yang kita miliki. Kebanyakan pemilik usaha mempromosikan took mereka menggunakan iklan. Mereka akan mencantumkan iklan di surat kabar atau mereka membuat brosur dan menyebarkannya.
  14. Tidak memerlukan banyak karyawan
  15. Dengan melakukan pemasaran produk dengan media online ini, kita tidak memerlukan banyak karyawan, bahkan dilakukan sendiri atau dengan keluarga juga bisa. Karena ada dasarnya pemasaran dengan media online ini tidak lah susah dan ribet seperti kelihatannya.

Berikut ini adalah beberapa resiko dari memasarkan serta menjual produk secara online :
  1. Terkena penipuan
  2. Penipuan tidak hanya bisa dilakukan oleh penjual online gadungan, tetapi bias dilakukan oleh pembeli gadungan. Penipuan semacam ini termasuk penipuan yang banyak sekali terjadi. Banyak sekali pemilik akun online shop yang terkena peipuan. Salah satu contohnya adalah pemalsuan bukti transfer yang dilakukan oleh calon pembeli.
  3. Kehilangan kesempatan dalam berbisnis yang dikarenakan pelayanan yang tidak maksimal
  4. Clothing Space merupakan salah satu online shop yang menjual dan memasarkan produknya melalui media online. Pemilik akun Clothing Space lebih memilih pemasarannya melalui situs Shopee dan Instagram. Pemilik akun lebih memilih menjual melalui online karena memiliki pangsa pasar yang tidak hanya bisa di jual di Purwokerto saja. Melainkan bisa menjualnya hingga ke seluruh kota yang ada di Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

Berawal dari keingian pemilik akun Clothing Space untuk mendapatkan uang tambahan karena pemilik akun sendiri adalah seorang mahasiswa, maka pemilik akun mencoba mencari peluang usaha yang bagus.

Semua mahasiswa juga sudah mengetahui bahwa di zaman yang modern ini media social sangatlah berpengaruh untuk di jadikan media dalam penjualan, serta pemasaran produk dan jasa. Dari situlah pemilik akun Clothing Space mencoba untuk menjal dan memasarkan suatu produk melalui media online.

Dengan bermodalkan uang sebesar Rp 1,500,000 yang ia sisihkan dari uang bulanan orang tua, pemilik akun Clothing Space bisa membeli jilbab bermerek Saudia dari supplier jilbab yang ada di Purwokerto. Dia mengawali usaha online shopnya di bulan April 2017. Dan memulainya dengan membeli jilbab merek Saudia sebagai stok sebanyak 100 pcs.

Memiliki banyak teman membuat pemilik akun Clothing Space ini dibanjiri dukungan dari teman-temannya. Teman kuliah pemilik akun tidak hanya berasal dari kota Purwokerto saja, melainkan juga berasal dari luar kota bahkan luar pulau. Mereka (teman) membantu pemilik akun untuk mempromosikan jilbab yang dijual melalui media social yang mereka punya seperti instagram, line, black berry messenger, whatsapp, dan facebook. Dari situ pemilik akun Clothing Space mulai dibanjiri orderan yang tidak hanya berasal dari Purwokerto saja. Bahkan hingga luar pulau pun ia layani.

Banyaknya hastag yang digunakan di instagram juga shopee dapat membuat banyak orang yang ingin mencari produk maupun jasa di media tersebut menjadi lebih mudah. Hastag merupakan tanda # yang diikuti oleh kata yang ingin digunakan tanpa spasi. Yang dapat membuat pencari produk, jasa, maupun hal yang sedang menjadi perbincangan di dunia maya menjadi lebih mudah mencarinya.
Disini pemilik akun clothing space hanya focus terhadap jilbab saudia yang merpakan salah satu jilbab yang tidak hanya memiliki kualitas yang bagus, memiliki varian warna yang banyak, juga harganya yang relative terjangkau.

Berikut ini merupakan table target dalam unit, realisasi dalam unit, harga beli perunit, harga jual, juga total realisasi jilbab yang terjual dalam nominal uang.


anggaran clothing space

Disini dapat kita lihat bahwa setiap bulannya Clothing Space mengalami kenaikan target unit setiap bulannya karena setiap bulan selama 3 bulan, dan realisasinya melebihi target yang sudah direncanakan. Pemilik Clothing Space selalu memutar kembali uang yang ia dapat dari penjualan jilbab jenis saudia untuk membeli jilbab saudia sebagai stock.

Dapat kita lihat pada bulan Juni penjualan jilbab Saudia meningkat sebanyak 134 item dari yang ditargetkan. Peningkatan jumlah penjualan ini lebih banyak dibandingkan target dan realisasi pada bulan bulan sebelumnya. Hal tersebut terjadi dikarenakan pada bulan Juni sudah memasuki bulan suci ramadhan. Dimana pada bulan suci ramadhan banyak sekali masyarakat yang mencari produk yang untuk digunakan saat idul fitri.

Bisnis yang dimulai oleh pemilik akun Clothing Space ini tergolong baru. Tetapi banyak sekali peminat yang ingin membeli jilbab di akun online shop yang dimilikinya. Dikarenakan pemilik akun Clothing Space memilih untuk konsisten dan focus terhadap hanya beberapa barang yang memang sedang banyak diperbincangkan, dan memang menjadi keperluan bagi banyak masyarakat.

Harga jual sudah termasuk biaya pembungkusan (jika membeli online dan harus dikirim keluar kota), dan biaya lainnya. Salah satu keuntungan apabila melakukan penjualan online dan harus kirim keluar kota adalah kita tidak perlu menghitung biaya pengiriman. Biaya pengiriman akan di tanggung oleh customer itu sendiri.



Popular posts

Sistem informasi global dan penerapannya oleh perusahaan multinasional

Bullwhip effect

Analisis sensitivitas