Uber transportation

pengertian perusahaan multinasional


Uber adalah sebuah perusahaan yang terlahir di negara amerika serikat yang dirancang sebagai alat moda transportasi publik yang dipergunakan oleh gadget untuk order maupun digunakan oleh driver atau pun perusahaan tersebut, sistem informasi yang digunakannya pun sangat beragam. Intinya sistem yang dipergunakan adalah sangat menarik hampir semua kegiatan usahanya tersebut menggunakan sistem informasi canggih.

Perusahaan multinasional adalah perusahaan yang berusaha di banyak negara; perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global.

Mengapa di gabungkan dengan multinasional? Dikarenakan perusahaan uber itu sendiri telah merambah ke penjuru Eropa bahkan Asia, terutama Indonesia. Perkembangan zaman yang makin maju dengan didukungnya kemajuan teknologi informasi membuat perubahan besar bagi segi sistem manajemen bisnis, terutama bisnis transportasi seperti yang sedang popular saat ini yaitu Perusahaan UBER adapun Uber dibagi dua jenis yaitu Uber Car dan Uber Bike, dimana pusat perusahaan tersebut berada pada negara Singapore sebagai pemilik server utama di dunia yang mampu mengkoordinasikan seluruh kantor cabang yang ada di dunia. Kenapa uber dikatakan sebagai perusahaan multinasional, dikarenakan bukan hanya di Indonesia saja, akan tetapi sudah merambah di berbagai negara contohnya seperti: negara bagian Amerika dan eropa serta asia.

Adapun perusahaan tersebut merujuk kepada para konsumen, dalam artian bahwa sesungguhnya membuat customer aman, kenapa? Dikarekan saat ini sering sekali terjadi tindak kejahatan yang berada di angkutan public seperti halnya tindakan kejahatan di buskota ataupun sebagainya, uber dibuat untuk membuat nyaman dengan tariff tidak beda jauh dengan saingannya seperti taksi konvensional atau angkutan umum lainnya.

Maka dari itu saya membuat artikel ini sebagai bahan untuk acuan tugas Manajemen informasi system. Dengan judul “Perusahaan Multinasional study kasus taksi online UBER”



Kontributor:
Refli Pradhika


Perusahaan multinasional ialah sebuah perusahaan yang mengedepankan bukan hanya target didalam negeri sendiri melainkan di berbagai negara lain. Tentunya memiliki satu pusat perusahaan yang berada dalam satu lingkup negara. Dalam hal ini objek penelitian tersebut adalah berupa Taksi online UBER.


pengertian perusahaan multinasional

 

Tentang Uber

Uber masuk ke Indonesia pada 13 Agustus 2014. Awalnya, Uber baru melayani pelanggannya di kawasan CBD seperti Kuningan atau Sudirman, Jakarta. Skema Uber di Indonesia pun sama seperti diluar negeri, Uber tidak memiliki mobil sendiri. Mobil-mobil tersebut berasal dari rekanan Uber yang disewa.

Adapun syarat untuk daftar sebagai mitra UBER adalah:

  • Memiliki SIM A
  • Memiliki KTP
  • Memiliki SKCK
  • Memiliki Kendaraan pribadi (MPV, Sedan, dll)

Baru beberapa hari masuk di Jakarta, Dishub DKI Jakarta pun berang dengan masuknya Uber tanpa izin. Menurut Dishub DKI, taksi Uber tergolong taksi gelap. Uber dinilai melanggar aturan sebab untuk menjadi angkutan umum, mobil-mobil Uber harus plat kuning dan telah menjalani uji kir.

Uber adalah perusahaan rintisan dan perusahaan jaringan transportasi asal San Francisco, Amerika, yang menciptakan aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan penumpang dengan pengemudi kendaraan sewaan serta layanan tumpangan. Perusahaan ini mengatur layanan penjemputan di berbagai kota di seluruh dunia. Tujuan di lahirkannya UBER itu untuk mempermudah masyarakat berkatifitas dengan tari yang cukup murah. Akan tetapi semua itu pasti memiliki keebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan dan kekurangan tersebut adalah sebagai berikut:

Kelebihan

  • Mempermudah para konsumen dalam melakukan perjalanan
  • Membuat nyaman para konsumen tanpa harus memiliki rasa cemas
  • Memiliki tarif yang lumayan cukup murah (munculnya berbagai macam promo harga
  • Driver berpengalaman
  • Tanpa harus berdesak-desakan dengan orang lain

Kekurangan

  • Terjadinya kecemburuan sosial antara taksi konvensional dengan Taksi Uber
  • Kurangnya informasi tentang tata cara penggunaan aplikasi untuk order
  • Masih juga terjadi kecurangan yang dilakukan kompetitor lainnya, seperti meretas suatu sistem yang membuat para driver kewalahan,entah dalam perhitungan tarif atau pun sebagainya
  • Sering sekali terjadi penipuan (order fiktif)

Uber sangat membantu sekali dalam teknologi transportasi sebagai contoh seperti di Indonesia, contohnya DKI Jakarta, dimana permintaan akan moda transportasi sangat tinggi, membuat uber makin maju dari pesaing lainnya. Akan tetapi makin bertambahnya tahun, tentu mulai muncul Taksionline baru seperti GO Indonesia dan Grab, yang sama-sama melakukan kegiatan bisnis transportasi.

Di Indonesia system terkuat diantara Tiga perusahaan tersebut adalah Uber, karena sudah memiliki kantor diberbagai belahan dunia apalagi di Benua Eropa. Masyarakat eropa sangat senang menggunakan UBER, karena perusahaan transportasi terpercaya.

cara kerja aplikasi uber


Cara kerja Aplikasi Uber:

  1. Mulai order
  2. Ketuk setiap opsi tumpangan untuk melihat waktu tunggu, ukuran, dan harga. Lalu masukkan lokasi penjemputan Anda dan tekan minta—pengemudi Anda akan tiba dalam hitungan menit.
  3. Melakukan Perjalanan
  4. Anda akan didatangi tumpangan. Anda akan melihat informasi kontak pengemudi Anda dan detail kendaraan di aplikasi, sehingga Anda tahu Anda masuk ke mobil yang tepat.
  5. Bayar dan jalan
  6. Keluar dan nilai pengemudi Anda ketika Anda mencapai tujuan Anda. Kami akan menagih kartu kredit yang terdaftar secara otomatis, sehingga Anda tidak membutuhkan uang tunai.

Pada tahun 2017 menurut saya selaku mantan driver online Jabodetabek merasakan sendiri pahit getirnya menjalin hubungan kerja sama(mitra) disebut mitra karena saya memiliki sebuah kendaraan namun di bantu dengan aplikasi yang ditawarkan oleh UBER. Tahun 2017 permintaan berkurang dikarenakan pada saingan tersebut memberikan promo yang membuat para konsumen beralih ke aplikasi lain. Akan tetapi dari ketiga Aplikasi online tersebut, perusahaan terbesar dalam jasa transportasi online adalah UBER.

 

Kesimpulan

Perusahaan Multinasional Seperti Uber yang mendunia yang lahir Di negara amerika yang telah memiliki banyak kantor cabang di berbagai negara.

Inti dari artikel yang saya buat ini adalah sebagaimana menyatakan bahwa perusahaan multinasional semacam UBER Online transportasi itu termasuk perusahaan besar. Dalam arti mampu menguasai pada di dunia dalam segi transportasi.

Popular posts

Sistem informasi global dan penerapannya oleh perusahaan multinasional

Bullwhip effect

Analisis sensitivitas